Salin Artikel

Dress Code Met Gala 2022: "Gilded Glamour, White Tie", Apa Maknanya?

Sebelumnya, penundaan hingga perubahan jadwal sempat dilakukan acara fashion bergengsi ini akibat pandemi Covid-19.

Kini setelah kondisi berangsur normal, para pecinta mode dan pesohor Hollywood bisa kembali menikmati acara amal yang digelar di Metropolitan Museum of Art, New York ini.

Met Gala 2022 mengambil tema "In America: An Anthology of Fashion," namun memiliki dress code "gilded glamour, white tie".

Dikutip dari Insider, "Gilded glamour" secara khusus merujuk pada periode Gilded Age of New York, berkisar tahun 1870-1890. 

Pada masa itu, kalangan menengah ke atas memiliki perhatian lebih besar terhadap dunia mode.

Salah satu alasannya karena perkembangan teknologi yang makin memudahkan untuk membeli lebih banyak pakaian daripada sebelumnya, seperti yang dilaporkan Vogue.

Pakaian wanita khususnya sangat mewah selama periode itu, ditandai dengan busana berwarna cerah, menggunakan banyak kain, dan sering dipasangkan dengan aksesoris dramatis seperti topi berbulu.

Gaya busana di periode tersebut juga memiliki aturan berpakaian yang sangat detail, khususnya di acara resmi seperti saat menonton pertunjukkan opera.

Para wanita biasanya gaun tulle yang memperlihatkan belahan dada dan sarung tangan berwarna putih, sementara pria harus mengenakan topi tinggi yang terkesan amat resmi.

Selama masa Gilded Age of New York ini pula, para orang kaya cenderung mengadakan pesta kostum yang berlebihan, yang juga dapat digunakan oleh undangan Met Gala sebagai inspirasi.

Apalagi jika dibandingkan dengan dress code tahun 2021 lalu, "American Independence," yang dinilai biasa dan, bagi beberapa orang, cenderung membosankan.

Pasangan Blake Lively dan Ryan Reynolds dikabarkan akan menjadi pembawa acara dalam Met Gala 2022.

Beberapa nama besar dunia mode seperti Anna Wintour, perancang busana, Tom Ford, dan kurator Museum of Modern Art's Costume Institute, Andrew Bolton dipastikan akan hadir.

Namun belum jelas siapa saja selebritas Hollywood yang akan datang meramaikan Met Gala tahun ini.

Sekilas, agaknya sulit bagi orang awam seperti kita memahami makna tersembunyi dari dress code yang diterapkan ini.

Meski demikian, tentunya menarik menantikan seperti apa nantinya para bintang menginterpretasikan tema ini ke dalam busananya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/26/080000220/dress-code-met-gala-2022--gilded-glamour-white-tie-apa-maknanya-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.