Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menangani Anjing yang Hiperaktif

KOMPAS.com - Anjing memang manis dan memiliki cara masing-masing dalam mengekspresikan kebahagiannya. Misalnya, ada anjing yang menjilat atau melingkarkan tubuhnya pada tuannya dengan ekor yang digoyangkan.

Kendati demikian, beberapa anjing nampak hiperaktif dan terlalu banyak bergerak. Bahkan, tak jarang anjing akan menyakiti orang di sekitarnya.

Tak hanya itu, hiperaktif bisa berbahaya bagi beberapa jenis anjing yang memiliki jantung atau paru-paru lemah karena bahagia dan semangat berlebihan dapat memacu jantung untuk berdetak lebih cepat.

Nah untuk menangani anjing yang hiperaktif, pelatih anjing asal Amerika Cesar Millan memberi enam tips yang bisa dilakukan.

Jangan dorong kebiasaannya

Menurut Cesar, hal terpenting yang perlu diingat saat seekor anjing mendekati kita dengan rasa bahagia berlebihan adalah apa yang kita lakukan akan menentukan arah perilaku anjing

“Hal terburuk yang dapat kita lakukan adalah memberinya afeksi atau perhatian,” tulis Cesar dalam situs miliknya, Cesar’s Way.

“Itu hanya akan memberitahunya kalau kita senang dengan apa yang dilakukan anjing kita,” lanjutnya.

Anjing akan menganggap bahwa terlalu bersemangat akan membuatnya mendapatkan hadiah, jadi anjing akan terus melakukannya.

Jadi, cara terbaik adalah mengacuhkan anjing.

“Jangan sentuh, bicara, atau melakukan kontak mata. Jika anjing mencoba melompat ke arah kita, berbaliklah atau dorong anjing kita,” kata Cesar.

Dorong perilaku tenang

Ini merupakan kebalikan dari tips pertama.

“Saat anjing tenang dan submissive, kita dapat memberinya perhatian dan afeksi, yang akan mendorong perilakunya,” kata Cesar.

Anjing dapat dimotivasi dengan makanan sebagai hadiah bila anjing mampu berperilaku tenang.

Lewat kombinasi mengacuhkan perilaku semangat berlebihannya dan menghadiahi perilaku tenangnya, anjing akan terbiasa untuk lebih tenang.

Membuat anjing lelah

Menurut Cesar, cara termudah untuk mencegah anjing menjadi hiepraktif atau terlalu bersemangat adalah membiarkannya kehabisan energi.

Jadi, mengajak anjing jalan-jalan sangat penting karena dapat memberikan latihan terarah dan menyalurkan energi berlebih anjing sembari mengurasnya.

Namun Cesar menganggap meninggalkan anjing di taman agar bisa berlarian dan kelelahan sebenarnya kurang tepat. Sebaliknya, kebiasaan semacam ini bisa membuat anjing lebih bersemangat, bukan berkurang.

Perlu diingat, mengajak anjing jalan-jalan bukan hanya bertujuan untuk membuatnya senang, namun meniru kebiasaan berburu dan mencari tempat berlindung yang biasa dilakukan anjing iiar.

Hal ini akan membantu anjing tetap mempertahankan insting alaminya sekaligus menguras energinya.

Untuk itu, pakaikan lash atau tali dan bawa anjing jalan-jalan bersama. Hal ini tak hanya akan membuat anjing senang, namun juga dapat membuatnya menyalurkan naluri alaminya dengan mencium dan mengawasi apa yang ada di jalan

Nah, saat pulang ke rumah yang merupakan tempat berlindung dan mendapatkan makanan, anjing akan menganggapnya sebagai “hadiah.

“Dengan membawa anjing pulang dalam keadaan lelah setelah latihan, anjing akan mengasosiasikan rasa tenangnya dengan hadiah itu,” kata Cesar.

Buat pikiran anjing terstimulasi

Menjaga agar pikiran anjing tetap terstimulasi juga dapat membantu mengurangi kelebihan energi. Misalnya, dengan bermain.

Bermain lempar tangkap, menyuruh anjing mencari camilan tersembunyi, atau berlari melewati rintangan adalah cara yang baik untuk merangsang pikiran dan menguras energi anjing.

“Kuncinya adalah kita tetap mengontrol durasi dan intensitas aktivitas. Di situlah "batasan" masuk. Jika anjing terlalu bersemangat, maka permainan harus berakhir,” ujar Cesar.

Ini adalah semacam penguatan negatif yang lembut. Jadi, anjing akan menyadari bahwa saat tenang, dirinya akan mendapatkan hadiah. Namun jika terlalu “gila” hadiahnya pun akan hilang.

Latih kemampuan menciumnya

Karena organ utama anjing adalah hidungnya, melatih penciumannya dapat memberi efek menenangkan.

Aroma seperti lavender dan vanilla dapat membantu menenangkan anjing, apalagi jika kita mengaitkannya dengan saat-saat ketika anjing tenang. Misalnya, kita bisa menaruh wewangian beraroma lavender di dekat tempat tidur anjing.

Namun, pastikan anjing tidak memiliki alergi terhadap aroma tertentu dan mintalah rekomendasi dari dokter hewan terkait aroma terbaik untuk menenangkan anjing.

Tetap tenang

Karena anjing tak akan tenang jika kita tidak tenang, kita perlu mengecek energi diri sendiri.

Menurut Cesar, kita perlu memikirkan bagaimana cara kita mengoreksi perilaku anjing. Apakah kita tetap tenang atau malah meneriaki anjing kita.

“Jika ada di kategori kedua, itu hanya akan membuat anjing makin bersemangat,” kata Cesar.

Menurut Cesar, satu-satunya saat tepat untuk meneriaki anjing adalah saat anjing melakukan tindakan berbahaya, seperti berlari ke arah jalan raya.

Cesar pun berpendapat bahwa kita hanya perlu mengeluarkan suara pendek namun tajam untuk membuat anjing memusatkan perhatiannya pada kita.

“Anjing adalah pemburu, jadi anjing memiliki pemahaman naluriah tentang koreksi semacam ini. Jika kawanan anjing melihat ada seekor rusa di tempat terbuka dan pemimpin pack (kawanan anjing) menggonggong untuk memberitahu kawanannya untuk berhenti, rusa akan kabur, dan tak ada lagi makanan,” kata Cesar.

“Para pemimpin pack menghentikan kawanannya bukan dengan suara melainkan dengan energi dan bahasa tubuh,” tambahnya.

Cesar juga mengatakan bahwa jika anjing kita berenergi tinggi dan bersemangat, perlu waktu untuk melihat hasilnya. Namun yang terpenting, kita tetap konsisten dan tidak menyerah.

“Konsistensi adalah kunci sukses,” kata Cesar.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/27/105006420/tips-menangani-anjing-yang-hiperaktif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke