Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Manfaat Air Mawar untuk Rambut dan Cara Mengaplikasikannya

KOMPAS.com - Air mawar atau rose water sering kali digunakan dalam produk-produk kosmetik, dan bahkan kita bisa menemukannya di dalam campuran untuk minuman.

Tapi, tahukah bahwa air mawar ini ternyata juga menawarkan banyak manfaat untuk perawatan rambut?

Selain karena dapat membuat rambut kita menjadi lebih wangi, membilas rambut dengan air mawar juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, para ahli perawatan rambut pun membeberkan sejumlah manfaat air mawar untuk rambut hingga cara mengaplikasikannya dengan tepat seperti  berikut ini.

Manfaat air mawar

Menurut salah satu pendiri merek kecantikan berkelanjutan Pink Moon, Lin Chen, air mawar memiliki banyak manfaat untuk rambut kita.

"Air mawar bisa menghidrasi dan menambahkan kelembaban pada rambut kering yang rusak," katanya.

"Ini juga sangat bagus untuk rambut yang sering menggunakan alat penata rambut atau diwarnai," jelas dia.

Sementara itu, dokter spesialis kulit di MDCS Dermatology, Dr Marisa Garshick, mengatakan bahwa air mawar adalah zat ringan dengan manfaat anti-inflamasi yang mampu membantu mengurangi sifat berminyak bagi orang dengan kulit kepala berminyak, berketombe, atau menderita dermatitis seboroik.

Karena air mawar bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala secara keseluruhan, maka kita bisa menggunakannya untuk membangun fondasi dalam pertumbuhan rambut dan membantu mencegah kerontokan rambut.

"Kelopak mawar juga tinggi vitamin A, B3, C, dan E, yang memberi nutrisi pada kulit kepala dan merangsang folikel rambut untuk mendorong pertumbuhan rambut," terang Chen.

Keuntungan lain dari air mawar ini adalah cocok untuk digunakan oleh semua jenis rambut.

Tapi, dalam hal jenis rambut mana yang paling diuntungkan, Dr Garshick mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki kulit kepala dan rambut berminyak dapat memperoleh manfaat dari sifat astringen.

Sedangkan untuk mereka yang memiliki kulit kepala dan rambut kering dapat memperoleh manfaat dari sifat menghidrasi dan melembabkan.

Membuat air mawar sendiri

Air mawar sangat mudah dibuat dengan cara direbus atau distilasi.

Sebagai langkah pertama untuk melakukan metode tersebut, penting untuk mencabut kelopak mawar dari batangnya untuk menghilangkan sisa-sisanya.

"Untuk membuat air mawar dengan metode perebusan, tambahkan kelopak mawar ke dalam panci dan tutup kelopak dengan air suling, biarkan air mendidih sampai kelopak kehilangan warnanya," ujar Dr Garshick.

"Lalu untuk membuat air mawar melalui penyulingan, letakkan mangkuk di tengah panci dan masukkan kelopak bunga dan air suling ke dalam panci."

"Selanjutnya, tutup panci dengan tutupnya terbalik dan letakkan es batu di tutupnya. Didihkan panci dan biarkan mendidih sampai kelopak kehilangan warnanya," tambah dia.

Cara mengaplikasikannya pada rambut

Air mawar dapat diaplikasikan dengan cara dioleskan langsung ke rambut atau kulit kepala dalam bentuk sampo dan kondisioner.

Meskipun pengaplikasiannya dapat bervariasi tergantung pada apakah kita membuat air mawar di rumah atau membeli produk rambut yang mengandung air mawar memiliki hasil yang sangat mirip.

Air mawar juga bisa bertahan hingga enam bulan.

Jadi, jika kita membuat air mawar sendiri di rumah, sebaiknya simpan larutan dalam wadah kedap udara atau botol semprot di kulkas untuk menjaga kesegarannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/28/083354520/ketahui-manfaat-air-mawar-untuk-rambut-dan-cara-mengaplikasikannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke