Salin Artikel

Catat, 3 Herba Berikut Bisa Bantu Perkuat Sistem Imun Tubuh Jelang Lebaran

KOMPAS.com – Mendekati akhir Ramadhan, banyak orang mulai berbelanja kebutuhan Hari Raya Idul Fitri. Selain membeli baju baru atau kue kering, masyarakat juga biasanya sudah mulai menyiapkan menu hidangan utama untuk dinikmati saat Lebaran.

Namun, satu hal yang terkadang dilupakan dalam persiapan Lebaran adalah menjaga kesehatan tubuh. Padahal, kesehatan menjadi modal penting untuk merayakan Lebaran. Jangan sampai Anda justru sakit ketika ingin merayakan momen spesial bersama keluarga.

Terlebih, Covid-19 masih menjadi ancaman bagi masyarakat. Maka dari itu, Anda perlu menjaga sistem imun tubuh agar kondisi tubuh tetap fit menjelang Lebaran.

Sistem imun merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap bahaya yang berasal dari luar ataupun dalam tubuh. Misalnya, bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit dan merusak jaringan tubuh.

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem imun tubuh. Salah satunya, dengan mengonsumsi tiga herba berikut.

1. Meniran

Meniran adalah salah satu tanaman liar yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Tanaman pendek mirip rumput bernama latin Phyllanthus niruri ini memiliki daun yang sangat kecil di setiap cabang batangnya.

Meniran tumbuh secara liar di kawasan tropis Asia dan China. Oleh karena itu, tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia.

Dilansir dari laman SehatQ, meniran masuk ke dalam kategori tanaman obat dengan kandungan antioksidan tinggi. Dengan demikian, meniran dapat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Antioksidan tersebut juga berperan dalam peningkatan fungsi vitamin dan mineral sebagai perlindungan ketika terjadi infeksi bakteri, virus, atau parasit.

Kandungan antioksidan juga dapat menjaga keseimbangan gula darah dan mencegah penyakit organ hati, seperti hepatitis B.

Selain itu, meniran kerap pula dijadikan pengobatan alternatif untuk menjaga tekanan darah, mencegah asam urat, serta mencegah dan mengobati batu ginjal.

Herba tersebut juga memiliki sifat diuretik, yaitu mempercepat pembentukan urin. Karena sifat ini, meniran pun dianjurkan untuk dikonsumsi oleh seseorang dengan masalah penumpukan cairan atau kelebihan kandungan garam dan air.

2. Daun kelor

Tanaman dengan nama latin Moringa oleifera ini termasuk dalam superfood. Tak main-main, daun kelor memiliki sejumlah kandungan yang memiliki khasiat baik untuk kesehatan.

Diberitakan Medical News Today, daun kelor mengandung senyawa yang bersifat antijamur, antivirus, antidepresan, dan antiinflamasi.

Daun kelor juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Tanaman herbal ini kaya akan nutrisi, yaitu kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, zink, protein, asam folat, biotin, serta vitamin A, B, C, D, E, dan K.

Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Daun kelor juga memiliki sifat sebagai imunomodulator yang dapat meningkatkan sistem imun.

Tak hanya itu, daun kelor juga memiliki manfaat lain, seperti melindungi dan menutrisi kulit, melindungi hati, menguatkan tulang, melawan bakteri, melindungi sistem kardiovaskular, menurunkan tekanan darah tinggi, serta meningkatkan kesehatan mata.

Daun kelor pun dapat digunkan untuk mengatasi gangguan mood serta mengobati berbagai penyakit, seperti edema, kanker, gangguan lambung, diabetes, asma, dan anemia.

3. Kunyit

Sudah sejak lama, masyarakat Indonesia menggunakan kunyit sebagai salah satu bumbu masak. Selain memiliki rasa yang cocok untuk masakan Indonesia, kunyit mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kurkumin yang terkandung pada kunyit, misalnya, merupakan senyawa antiinflamasi alami. Kandungan ini dapat membantu meredakan peradangan.

Selain itu, kurkumin juga memiliki sifat antibakteri yang dapat merangsang dinding kantong empedu sehingga pencernaan lebih sehat. Oleh karena itu, kunyit kerap dijadikan obat untuk memelihara dan memperbaiki saluran pencernaan.

Tak hanya mengandung senyawa antiinflamasi dan antibakteri, kurkumin juga punya sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kandungan lain pada kunyit juga berkhasiat bagi tubuh adalah minyak atsiri, minyak volatile, damar, gom, pati, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin C.

Beragam kandungan itu dapat membantu meredakan batuk dan flu, mengurangi risiko penyakit kanker dan jantung, serta membantu menjaga kesehatan kulit dan degenerasi mata.

Dengan berbagai kandungan dan khasiat yang dimiliki, kunyit bisa dijadikan salah satu rempah untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Itulah tiga herba yang dapat membantu menjaga sistem imun tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan, ketiganya dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Ketiga herba tersebut umumnya dikonsumsi dengan cara direbus atau diseduh air hangat. Namun, rasa pahit dan hambar membuat banyak orang malas mengonsumsinya.

Agar lebih praktis, tiga herba tersebut kini sudah dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Salah satu suplemen dengan kandungan meniran, daun kelor, dan kunyit adalah Imugard.

Dengan kandungan 100 persen herbal asli Indonesia, Imugard dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, memberikan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh, serta memperbaiki sistem pencernaan.

Imugard dapat dikonsumsi satu kaplet per hari oleh orang dewasa dan anak berusia di atas 12 tahun untuk menjaga kesehatan. Jika kondisi tubuh sedang drop, Imugard boleh dikonsumsi 2 kaplet per hari hingga kondisi membaik.

Untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun, Imugard Junior dapat dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Sirup rasa anggur ini dapat membantu daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan anak.

Sama seperti produk Imugard untuk dewasa, Imugard Junior juga memiliki kandungan 3 in 1 herbal formula plus madu. Produk ini juga dapat membantu mempercepat pemulihan anak dari sakit.

Untuk mendapatkan Imugard, Anda bisa membelinya di apotek, toko obat terdekat, atau secara online di Deltomed store (Official) melalui marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dan Bukalapak.

Untuk informasi lengkap dan tips-tips menarik seputar kesehatan lain, Anda dapat mengikuti akun Instagram Imugard di @imugard_id.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/28/110300420/catat-3-herba-berikut-bisa-bantu-perkuat-sistem-imun-tubuh-jelang-lebaran

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.