Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Agar Tidak Gampang Stres Bila Terjebak Macet Saat Mudik

KOMPAS.com - Pulang kampung alias mudik di momen lebaran selalu diwarnai dengan kemacetan.

Apalagi jika berangkat di tanggal dan waktu yang mepet dengan Hari Raya. Tak heran, para pemudik kerap merasakan stres di jalan.

Untuk itu, kita perlu cara tersendiri agar tidak mudah stres. Salah satu caranya adalah segera mengatur strategi untuk mencari jalur alternatif lain.

Tapi jika sudah terjebak kemacetan, yang bisa kita lakukan adalah mengontrol diri sendiri agar stres yang dialami bisa diminimalisir.

Melansir dari laman Psychologytoday, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan biar tidak mudah stres saat terjebak macet selama perjalanan mudik.

1. Mengatur teknik pernapasan

Ketika mulai terjebak kemacetan, tarik napas dalam-dalam, tahan sejenak dan hembuskan.

Mengatur teknik pernapasan sudah terbukti memberikan efek relaksasi. Lakukan pengaturan napas ini sampai pikiran dan emosi menjadi lebih tenang.

2. Definisikan situasinya

Setelah mengatur teknik pernapasan, hindari perasaan kesal dan anggapan bahwa macet adalah hambatan untuk segera sampai ke tujuan.

Kita dapat menganggap kemacetan sebagai waktu untuk istirahat dan kesempatan emas untuk mendengarkan lagu kesukaan.

3. Kurangi reaksi amarah

Jangan berharap untuk menghilangkan setiap perasaan negatif di dalam diri. Pikirkan hal-hal yang menyenangkan saat terjebak macet.

Pasalnya yang terjebak macet bukan hanya kita. Tapi banyak orang lain yang merasakan hal serupa. Maka dari itu, penting untuk mengarahkan kesadaran untuk beralih ke kondisi yang sebenarnya.

Cobalah untuk menikmati pemandangan mobil yang berjejeran karena terjebak macet.

Manfaatkan waktu ini untuk sekadar selonjoran, stretching dan melakukan aktivitas lain yang tidak bisa kita lakukan saat mobil tengah melaju.

4. Cobalah pura-pura senyum

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika kita berpura-pura tersenyum, maka dapat mengurangi intensitas respons stres di dalam tubuh.

5. Mendengarkan musik di dalam mobil

Stephen Fairclough, Ph.Dm seorang profesor psikofisiologi di Liver Pool John Moores University di Inggris menyebutkan, mengendarai mobil sambil mendengarkan musik bisa mencegah dan mengurangi stres.

Beberapa jenis lagu yang cukup efektif meredakan stres di dalam mobil adalah lagu bergenre smooth jazz, soft rock dan lagu apa pun yang kita sukai.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/28/192303820/tips-agar-tidak-gampang-stres-bila-terjebak-macet-saat-mudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke