Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

NFT Sneaker Virtual Nike Terjual Seharga Rp 1,8 Miliar

Jadi, bukanlah hal yang aneh apabila beberapa sneaker terbilang langka dan memiliki harga yang fantastis.

Misalnya saja, sneaker edisi terbatas Yeezy sering kali dijual dengan harga lebih dari 10.000 dollar AS atau kira-kira Rp 144 juta.

Hal ini disebabkan karena sneaker Yeezy memiliki nilai sejarah tersendiri, sama seperti sneaker milik Michael Jordan yang ikonik.

Kendati masih diminati sebagian orang, tampaknya pembelian sneaker secara fisik akan mengalami penurunan dalam beberapa waktu ke depan.

Terlebih lagi dengan terjualnya sepasang sneaker virtual milik Nike seharga 130.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,8 miliar.

Sneaker dalam bentuk non-fungible token (NFT) ini adalah koleksi Nike Dunk Genesis Cryptokicks dari 20.000 NFT yang diluncurkan oleh Nike dan RTFKT (diucapkan "artefak"), -desainer sepatu virtual yang dibeli Nike Desember lalu.

Dari 20.000 koleksi, hanya ada 98 NFT yang hadir dengan jalur warna yang dirancang oleh seniman terkenal Takashi Murakami, sehingga menjadikannya barang koleksi yang langka.

Selain membeli RTFKT pada bulan Desember, Nike juga menciptakan Nikeland di Roblox, sebuah "metaverse" online yang sering dikunjungi jutaan orang setiap hari.

Pada bulan Desember, Adidas juga merilis koleksi Into The Metaverse dari 30.000 NFT, yang bermitra dengan Bored Ape Yacht Club.

Sementara itu, rumah mode mewah Gucci juga meluncurkan koleksi NFT blue-chip untuk menempatkan pakaian Gucci di avatar Pudgy Penguins, World of Women, dan Bored Ape Yacht Club.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/30/050000720/nft-sneaker-virtual-nike-terjual-seharga-rp-1-8-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke