Salin Artikel

Punya Kepribadian yang Cocok dengan Pasangan Bikin Hubungan Langgeng

Hal tersebut juga dilaporkan oleh sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Research in Personality.

Studi tersebut mengatakan bahwa orang-orang dalam hubungan yang sukses dan tahan lama memiliki kepribadian yang mirip seperti sifat kejujuran-kerendahan diri dan keterbukaan terhadap pengalaman.

"Orang-orang dalam hubungan yang sukses cenderung melihat pasangan mereka mirip dengan mereka dalam enam ciri kepribadian yakni kejujuran-kerendahan diri, emosionalitas, extraversion, mudah akur, conscientiousness, dan keterbukaan terhadap pengalaman."

Demikian penuturan salah satu penulis studi, Jie Liu, seperti yang dikutip dari Psychology Today.

Liu pun menambahkan, dari keenam ciri kepribadian tersebut, kecocokan paling tinggi yang membuat pasangan langgeng adalah kejujuran-kerendahan diri.

Kekuatan dari dua ciri kepribadian

Menurut peneliti, kejujuran-kerendahan diri memiliki ciri-ciri seperti jujur, setia, tulus, tidak munafik, dan tidak sombong.

Sementara keterbukaan terhadap pengalaman menggambarkan rasa ingin tahu, kreatif, dan lebih intelektual.

Para peneliti percaya bahwa kecocokan yang dirasakan paling kuat muncul di dua bidang ini karena sifat-sifat tersebut memiliki korespondensi yang kuat dengan nilai-nilai pribadi.

Untuk kejujuran-kerendahan hati memiliki preferensi pada kesetaraan, kejujuran, kesetiaan, dan keadilan.

Sedangkan keterbukaan terhadap pengalaman biasanya memiliki sifat-sifat seperti kreativitas, keingintahuan, kebebasan, dan kebaruan yang menciptakan keamanan.

"Nilai adalah bagian penting dari hubungan setiap orang," kata Liu.

"Orang-orang cenderung berasumsi bahwa nilai-nilai mereka dimiliki bersama oleh pasangan sehingga dapat mengembangkan hubungan dengan nilai yang serupa," jelas dia.

Pada akhirnya, studi Liu ini ingin berfokus pada aspek kesamaan.

Artinya, ketika kita menganggap pasangan kita memiliki kepribadian atau sifat-sifat yang sama, hal itu dapat membantu kita memenuhi kebutuhan penguatan diri.

"Dalam hubungan yang sudah mapan, asumsi kesamaan cenderung memfasilitasi komunikasi dan pemahaman sehari-hari, mengurangi konflik dan ketidaksepakatan, serta memberikan konfirmasi," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/30/200000120/punya-kepribadian-yang-cocok-dengan-pasangan-bikin-hubungan-langgeng

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.