Salin Artikel

Suarakan Pengalaman dan Isi Hatimu Melalui Kampanye #SiniObrolin

KOMPAS.com – Pernahkah kamu merasakan kesulitan saat ingin bercerita kepada orang lain padahal di satu sisi kamu butuh meluapkan isi hati?

Memang tidak mudah bagi tiap individu untuk mulai mengkomunikasikan hal-hal kecil yang pernah ia lewati maupun rasakan. Terdapat banyak alasan mengapa membicarakan perasaan menjadi sangat sulit dilakukan.

Beberapa orang, terutama pria, disosialisasikan untuk menginternalisasikan perasaan daripada menyuarakannya. Terlebih, sebagian besar dari kita mungkin berpikir bahwa bercerita mengenai pengalaman atau “curhat” kepada orang lain tidak membantu sama sekali.

Benar bahwa membagikan kisah secara berlebihan berisiko berdampak buruk, tetapi selama kisah yang dibagikan dalam batas wajar, bercerita justru memiliki segudang manfaat.

Hal tersebut dapat membuat kita merasa lebih baik, memberi kekuatan kepada diri sendiri karena telah berhasil melewati masa-masa tersebut, hingga dapat memberi pelajaran dari pengalaman kita kepada orang lain.

Menyuarakan isi hati juga mendorong seseorang agar terbuka dengan perjuangan mereka guna meminimalisasi penyakit mental yang mungkin dirasakan.

Berbagi kisah ini juga dapat membantu tiap orang dengan kisah atau masalah yang sama untuk menyadari bahwa mereka tidak sendiri, dan apa yang mungkin terasa berlebihan sebenarnya normal juga dapat terjadi kepada siapa pun.

Saat ini, media sosial sudah menjadi platform andalan untuk membagikan pengalaman dan isi hati. Mulai dari Facebook, Twitter, atau Instagram setiap harinya dipenuhi kata-kata, foto, maupun video yang sarat akan mengomunikasikan cerita hidup individu.

Dalam hal ini, Medio Podcast Network, sebagai bagian dari KG Media, mengajak kita untuk lebih terbuka dalam mengomunikasikan apa yang dirasakan melalui kampanye #SiniObrolin. Kampanye ini mendukung masyarakat untuk menceritakan pengalamannya di media sosial.

Medio ingin menjadi fasilitator, sekaligus pengingat bagi audiens bahwa tiap orang bisa memulai peran kecilnya dengan mengomunikasikan pengalaman atau apa yang dirasakan melalui tagar #SiniObrolin.

Langkah ini sebagai bentuk pengingat bahwa semua individu dan perannya berarti, maka dari itu hal itu harus disampaikan karena akan bermakna bagi diri sendiri maupun orang lain.

“Medio mengangkat isu ini mulai dari konten podcast seputar parenting melalui Obrolan Meja Makan, lebih dekat dengan buah hati melalui podcast Dongeng Pilihan Orangtua. Adapun untuk lebih mengenal diri sendiri," ujar Brigitta Valencia Bellion, Brand Communication Lead Medio by KG Media

"Ada podcast Anyaman Jiwa yang membahas seputar kesehatan mental, begitu pula dengan podcast Semua Bisa Cantik yang membahas soal perempuan dan kisahnya,” sambungnya.

Terakhir, perlu diingat bahwa ketika memendam perasaan yang cukup intens dari suatu peristiwa juga dapat memengaruhi kondisi fisik. Salah satunya pada otak yaitu rusaknya amigdala, bagian otak yang berhubungan dengan proses emosi, perilaku dan memori.

Bagian otak ini dapat mengambil kendali dan bahkan mengesampingkan proses berpikir yang lebih logis. Juga meningkatkan stres, kecemasan, depresi, post traumatic stress disorder (PTSD), dan lain-lain.

Oleh karenanya, mengikuti kampanye ini menjadi penting guna menghindari kemungkinan-kemungkinan terburuk ketika kita memendamnya sendiri.

Dengarkan siniar persembahan Medio by KG Media hanya di Spotify dan YouTube. Klik di sini untuk mendengarkan linktr.ee/SiniarMedio.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/05/01/060000920/suarakan-pengalaman-dan-isi-hatimu-melalui-kampanye-siniobrolin

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.