Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anjing Memiringkan Kepalanya, Pertanda Apa?

Nah, salah satu dari perilaku menggemaskan anjing adalah memiringkan kepalanya. Namun, apa artinya?

Rupanya banyak pakar yang tidak memiliki jawaban pasti soal mengapa anjing memiringkan kepalanya.

Kendati demikian, ada beberapa kemugkinan penyebab, seperti berikut ini:

  • Mencoba mencari sumber suara

Salah satu pendapat terpopuler terkait mengapa anjing memiringkan kepalanya adalah bahwa anjing mencoba menguraikan dari mana suara itu berasal.

Faktanya, anjing dapat mendengarkan sesuatu dengan rentang frekuensi yang sangat besar, yaitu 2-3 kali lebih tinggi dibanding manusia.

Jadi, ketika anjing kita memiringkan kepalanya,mungkin anjing mendengarkan suara yang terlalu tinggi untuk kita dengar.

Apalagi, menyesuaikan kepala anjing dari sisi ke sisi dapat membantu anjing mencari sumber kebisingan dan mencari tahu apa suaranya.

  • Tertarik atau penasaran

Ahli perilaku hewan Jill Goldman mengatakan, jika anjing menunjukkan perilaku ini ketika berdiri tepat di depan kita, artinya anjing tertarik dengan apa yang kita katakan.

Anjing juga mencoba mendengarkan frekuensi, infleksi, dan kata kunci yang dia sukai dari kita.

Tentu, mungkin anjing tidak begitu memahami semua kata yang diucapkan kita.

Namun anjing sangat menyukai suara yang kita gunakan untuk berbicara, sehingga mungkin akan tergoda untuk menyelesaikannya.

  • Beradaptasi 

Alasan mengapa kepala anjing sering miring mungkin diakibatkan oleh pengelihatannya.

Bahkan, psikolog Stanley Coren meyakini bahwa moncong anjing dapat menghalangi pandangan anjing, sehingga anjing memiringkan kepala dari satu sisi ke sisi lain untuk melihat sesuatu dengan lebih baik.

Dalam studi percontohannya, ia menemukan, anjing dengan moncong yang lebih panjang seperti anjing greyhound cenderung untuk memiringkan kepalanya dibandingkan anjing ras berwajah datar seperti pug.

Namun, dia juga menemukan, lebih dari setengah ras anjing berwajah datar dapat memiringkan kepalanya, sehingga masih ada hal yang perlu dipelajari.

  • Perilaku yang dicontohkan

Ada kemungkinan bahwa saat anjing memiringkan kepalanya, reaksi dan dorongan positif seperti suara yang dibuat imut, menyebutnya lucu, dan pemberian hadiah pun hadir.

Jika seperti ini, anjing akan mengira bahwa memiringkan kepala akan memberinya afeksi. Jadi, anjing akan terus melakukannya.

Pertanda sakit

Jika tidak ada masalah pendengaran atau visual dan anjing kerap memiringkan kepala terus menerus, ada baiknya untuk menjadwalkan janji temu dengan dokter hewan.

Sebab, kondisi tersebut bisa menjadi gejala penyakit.

Beberapa anjing yang mengalami infeksi telinga biasanya lebih sering memiringkan kepalanya untuk mencoba dan menghilangkan rasa sakit.

Selain itu, memiringkan kepala yang konsisten juga bisa menjadi tanda sindrom vestibular (suatu kondisi di mana anjing kehilangan keseimbangan normalnya, seperti vertigo).

Sementara itu menurut ahli perilaku hewan Nicholas Dodman, sindrom vestibular dapat mengakibatkan anjing memiringkan kepala dengan berbeda.

Reaksi berbeda itu adalah dengan menempelkan satu telinga ke tanah secara rutin dan mungkin bersandar ke satu sisi.

Kondisi ini dapat menyebabkan gejala lain seperti disorientasi dan mual. Jadi, sebaiknya periksakan hewan peliharaan ke dokter hewan untuk mengatasi masalah apa pun.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/05/11/150000820/anjing-memiringkan-kepalanya-pertanda-apa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke