Salin Artikel

Manfaat Membersihkan Rumah bagi Kesehatan

KOMPAS.com - Membersihkan dan membereskan rumah mungkin terasa menjemukan bagi beberapa orang. Tak jarang, beberapa orang membiarkan rumahnya berantakan karena malas membersihkannya.

Namun, nampaknya mulai saat ini, kebiasaan malas itu perlu dibuang jauh-jauh. Pasalnya, membersihkan dan membereskan rumah rupanya memiliki manfaat bagi kesehatan mental seseorang.

Ya, meski mungkin itu mengagetkan, rupanya beberapa ahli kesehatan mental meyakininya.

“Saya merasa tidak banyak yang tahu bahwa membereskan rumah adalah suatu bentuk self-care (menyayangi diri), dan itu bermanfaat bagi pikiran dan tubuh kita,” ujar co-founder dari The Home Edit, Clea Shearer.

Nah, untuk memahami bagaimana membereskan rumah dapat memiliki manfaat bagi kesehatan, simak paparan yang dilansir dari Lifestyle Asia, berikut ini.

Manfaat kesehatan dan fisik dari membereskan rumah

Perlu diketahui, mengelilingi diri sendiri dengan kekacauan dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Sebuah studi yang diterbutkan di Sage Journals menemukan bahwa perempuan yang hidup di tempat yang berantakan umumnya memiliki kadar hormon stres yang lebih tinggi.

Sebaliknya, mereka yang tinggal di rumah yang tenang dan bersih tidak hanya memiliki kadar stres yang lebih rendah, namun juga tidak terlalu sedih.

Selain itu, psikolog klinis berbasis di Atlanta Neha Khorana, PhD mengatakan bahwa jika tinggal di tempat yang berantakan, risiko depresi dan kecemasan meningkat.

Nah, jika tempat berantakan akan membuat kita stres dan cemas, tentu membereskan rumah adalah kuncinya. Bahkan, membereskan rumah dapat memberi kita manfaat berikut:

Membuat kita bisa mengendalikan diri

Menurut psikolog klinis yang berbasis di Texas Neha Mistry, PsyD, saat kita membereskan suatu tempat menjadi lebih bersih, perasaan dapat mengendalikan diri akan timbul.

Perlu diketahui, rasa kecemasan biasanya tumbuh dari kurangnya kendali atas diri sendiri.

Lalu, meski kita tak selalu bisa memiliki atau mengontrol kembali situasi penuh tekanan dalam hidup, mampu mengambil tindakan sendiri dalam beberapa situasi dapat membantu mengurangi kecemasan.

Misalnya, dengan mencoba Ini memangkas jumlah produk perawatan kulit kita atau menata ulang rak buku agar lebih estetis.

“Seringkali, perasaan cemas bisa diatasi dengan melakukan kegiatan berulang, seperti membersihkan,” kata Khorana.

“Tindakan ini sering diprediksi dapat membuat kita memiliki rasa kontrol dan agensi atas lingkungan, yang membantu mengurangi perasaan cemas. Merasa dapat mengendalikan lingkungan ini dapat membantu Anda merasa lebih membumi dan berdaya,” lanjutnya.

Meningkatkan mood

Tak hanya membuat hormon stres meningkat,lingkungan yang berantakan juga dapat membuat to-do-list makin sulit diselesaikan. Akhirnya, kita kewalahan dan tidak bersemangat,

Namun, meluangkan waktu untuk membereskan sesuatu rupanya dapat meningkatkan mood dan menjauhkan kita dari rasa kecemasan. Bahkan, Mistry mengatakan bahwa kegiatan bebersih ini dapat mencerahkan pikiran, menurunkan stres, dan meningatkan kualitas tidur.

Meningkatkan fokus

Penelitian yang dilakukan oleh Articles, Behavioral/Systems/CognitiveStephanie McMains and Sabine Kastner menyebutkan rumah berantakan dapat membuat kita sulit fokus dan bekerja secara tidak efisien.

Bahkan, jika kita sudah merasa galau karena sedih atau stres, lingkungan yang berantakan hanya akan memperburuk kondisi kesehatan mental dan membuat kita kurang fokus.

Nah, membersihkan dan membereskan sesuatu bisa membantu.

Sebab, bukan hanya dapat menumbuhkan asosiasi akan suatu tempat, membereskan sesuatu juga akan memusatka perhatian selektif, yang mengacu pada proses fokus pada satu stimulus, bahkan ketika ada beberapa rangsangan lain yang hadir.

“Ini menciptakan peningkatan upaya untuk fokus pada satu tugas itu ketika ada banyak tugas yang tertunda.”

Meningkatkan denyut jantung

Membersihkan rumah dapat membantu meningkatkan denyut jantung dan membuat kita mengeluarkan keringat yang dapat membantu memberi kita endorfin.

Memang, masalah kesehatan mental kita tidak akan hilang begitu saja hanya dengan bersih-bersih, namun, itu dapat memicu tubuh untuk melepaskan zat kimia yang dapat membantu mengatasi kecemasan dan depresi jika dilakukan secara rutin dan dalam jangka waktu yang panjang.

Lalu, ingatlah bahwa membersihkan dan membereskan rumah memiliki manfaat bagi yang sama dengan olahraga low-impact cardio, seperti jantung dan paru-paru yang lebih kuat.

Bahkan, sebuah studi yang dilakukan oleh Indiana University menemukan bahwa orang-orang dengan rumah bersih cenderung lebih sehat djbandingkan mereka yang tinggal di rumah berantakan.

Mendapat manfaat kesehatan dari membersihkan dan membereskan rumah

Shearer dan co-founder The Home Edit, Joanna Teplin memiliki beberapa tips untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari membersihkan dan membereskan rumah, yaitu:

Mulai dari hal kecil

Kunci membersihkan dan membereskan adalah mulai dari hak kecil. Misalnya, dengan memilah mana mug yang perlu disumbangkan di antara koleksi mug kita.

“Jika langsung memulainya dengan hal besar, stamina kita akan habis,” ujar Shearer.

Buat "zona"

Saat membereskan suatu area, terkadang kita meletakkan barang seperti perlengkapan olahraga di lemari dan melupakannya.

Nah salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan kereta dorong bertingkat yang dapat menampung handuk, dumbel, band, dan perlengkapan olahraga lainnya.

“Ini adalah solusi fungsional dan pilihan estetis,” kata Shearer.

Lalu, kita juga bisa melakukannya dengan memasukkan barang ke wadah penyimpanan tembus pandang. Wadah penyimpanan bening juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menyimpan perlengkapan olahraga seperti legging.

Sebab, selain menawarkan penataan yang rapi dan estetis, hal ini juga memungkinkan kita untuk melihat barang-barang yang biasanya tidak kita lihat, sehingga memudahkan saat mencari.

Tetap memilah

Memilah tidak boleh diakhiri. Kita harus terus memilah barang seterusnya.

Bagi yang tidak terbiasa membersihkan rumah atau baru mengenal decluttering, bisa melakukannya dengan menjadwalkan sesi bersih-bersih bulanan dan mencatatnya di kalender guna membantu mengingatnya.

“Memilah item sangat melegakan dan menyenangkan,” kata Shearer.

Menurutnya, membereskan dan memastikan bahwa setiap hal di rumah adalah sesuatu yang kita butuhkan, gunakan, atau sukai, itu baik untuk menurunkan stres serta kekacauan mental.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/05/12/084613520/manfaat-membersihkan-rumah-bagi-kesehatan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.