Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mattel Rilis Barbie Pertama dengan Alat Bantu Dengar dan Vitiligo

KOMPAS.com - Barbie dan Mattel nampaknya semakin serius untuk mempromosikan keragaman dan inklusi.

Ya, pada Juni mendatang, produsen mainan asal Amerika itu akan merilis satu set boneka baru bertema keragaman, dengan merilis boneka Barbie pertama dengan alat bantu dengar dan sebuah boneka Ken dengan kondisi kulit vitiligo.

Set boneka Barbie yang hadir dalam line up Barbie Fashionista 2022 ini rencananya akan tersedia di berbagai toko, seperti Walmart, Target and Amazon.

Diharapkan, kehadiran boneka Barbie baru ini bisa membuat anak-anak melihat diri mereka tercermin, seperti dikatakan oleh Mattel's Global Head of Barbie Dolls, Lisa McKnight dalam sebuah pernyataan pers.

McKnight menambahkan, anak-anak juga harus didorong untuk bermain dengan boneka yang tidak menggambarkan dirinya guna membantu dia memahami perbedaan dan merayakan pentingnya inklusi.

Richardson juga mengatakan Barbie dengan gaya rambut kuncir kuda dan alat bantu dengar berwarna hot pink ini akan mampu menginspirasi mereka yang pernah mengalami gangguan pendengaran.

"Saya sangat senang melihat pasien muda saya melihat dan bermain dengan boneka yang mirip dengan mereka," katanya dalam siaran pers.

Mulai dari Barbie berdada lebih kecil peti hingga sosok yang lebih berisi, serta boneka laki-laki yang nampak lebih ramping dan tidak terlalu berotot. Artinya, seri mainan baru ini dimaksudkan untuk lebih mewakili berbagai variasi tipe tubuh.

Sebelumnya, Mattel sempat merilis Barbie pirang bermata biru yang berada di kursi roda dan boneka berambut cokelat dengan kaki palsu.

Lalu pada tahun 2020, Mattel meluncurkan Barbie berkulit hitam dengan kondisi kulit vitiligo, yang menjadi salah satu produk dengan penjualan terbaik dari lini Fashionista di AS pada tahun yang sama.

Hal serupa juga terjadi pada tahun 2021, saat Mattel merilis Barbie berkulit hitam dengan gaya rambut afro, yang menjadi salah satu dari lima model Barbie terpopuler di dunia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/05/13/104303220/mattel-rilis-barbie-pertama-dengan-alat-bantu-dengar-dan-vitiligo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke