Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Warna yang Bisa "Mengundang" Burung ke Halaman Rumah Kita

KOMPAS.com - Burung dikenal sebagai hewan dengan pengelihatan yang baik, membuatnya dapat melihat berbagai warna dengan jelas.

Pengelihatannya yang luar biasa itu rupanya sangat berguna bagi burung. Sebab, warna merupakan “simbol” bagi banyak hal di hidup burung.

Misalnya, warna bulu burung yang cerah menunjukkan burung yang dewasa dan sehat, membuat burung itu bisa menjadi pasangan yang kuat.

Lalu, jika bulu burung berubah warna menjadi lebih cerah, tandanya musim kawin burung dimulai.

Warna mencolok juga dapat menjadi peringatan adanya racun pada hewan lain dan tanaman.

Sementara itu, buah berwarna cerah artinya buah telah matang dan siap untuk dimakan. Bunga yang cerah pun kaya akan nektar, menarik perhatian serangga buruan burung.

Terakhir, warna dedaunan yang berubah dapat menunjukkan perubahan musim dan waktu migrasi bagi burung.

Nah, hal ini bisa kita manfaatkan untuk “mengundang” burung berkumpul di halaman kita, menjadi dekorasi alami yang berwarna-warni.

Namun, bagaimana caranya dan apa warna terbaik untuk menarik perhatian burung? Untuk mengetahuinya, simak paparan berikut ini.

Warna terbaik untuk menarik perhatian burung

Setiap burung tertarik dengan warna berbeda.

Misalnya, spesies burung yang penyendiri akan tertarik dengan warna yang mengingatkannya akan sumber makanan.

Sementara itu, burung lain akan lebih tertarik dengan warna yang mirip dengan bulunya sendiri. Sebab, warna bulu yang sama bisa menandakan adanya lawan jenis atau burung lain dengan spesies yang sama di halaman kita.

Kendati demikian, hampir semua warna cerah seperti merah atau oranye dapat digunakan untuk menarik perhatian burung. Bahkan, ada beberapa spesies burung yang tertarik pada warna tertentu, misalnya:

  • Merah dan pink: Kolibri
  • Oranye: Oriole, kolibri
  • Kuning: Goldfinche, warblers, kolibri
  • Biru: Bluebird, jay

Selain warna cerah di atas, kita bisa memasang tanaman atau benda yang dapat digunakan untuk berkamuflase, seperti abu-abu, coklat, dan hijau.

Warna bernuansa bumi tersebut akan memberi kesan aman, sehingga dapat menarik hari spesies burung yang mudah gelisah dan tempramen.

Bahkan faktanya, banyak burung predator memiliki warna putih pada bulunya sebagai tanda peringatan bagi burung lain. Misalnya, warna putih pada bulu ekor dark eyed-junco atau bercak putih pada sayap northern mockingbird.

Karena itu, jika ada banyak benda berwarna putih di halaman, burung-burung bisa menjauh.

Menggunakan warna untuk menarik perhatian burung

Ada banyak cara untuk menghadirkan warna ke halaman rumah kita. Misalnya, dengan menanam bunga, pepohonan, rumput, atau tanaman merambat.

Tanaman dengan warna cerah pun bisa menjadi makanan, tempat berlindung, dan spot untuk membangun sarang bagi burung. Jika menanamnya, halaman rumah kita pun akan semakin ramah burung.

Jadi saat memilih tanaman, pilihlah tanaman dengan varietas paling berwarna dengan waktu mekar bunga yang panjang, sehingga burung akan terus hadir di halaman kita.

Lalu, kita juga tidak boleh lupa untuk mencari tahu warna buah yang diproduksi tanaman.

Jika tidak memiliki taman, kita bisa mengundang burung dengan menanam tanaman warna-warni ke dalam wadah besar, porch pots, atau kotak berlubang dan menggantinya dengan warna paling cerah.

Selain itu, kita juga bisa menambahkan sentuhan buatan untuk melengkapi warna-warna alami dari tanaman dan bunga di halaman. Misalnya, dengan memasang mosaic ball di sekitar bird feeder atau mengecat pagar, pot, dan bangku di halaman dengan warna-warna cerah

Lalu, coba pilih bird feeder berwarna-warna-warni atau memasang pita berwarna cerah sebagai dekorasinya.

Bahkan, produk bersifat dekoratif seperti lonceng, batu-batu, dan patung juga bisa mempercantik halaman kita dan menarik perhatian burung.

Setelah itu, pastikan warna-warna pada tanaman dan benda di sekitar halaman terlihat dari langit, sehingga memancing burung untuk datang.

Kita juga perlu menghindari memasang benda yang sering bergerak, seperti bendera atau kincir angin. Pasalnya, pergerakan konstan bisa membuat burung takut.

Agar lebih efektif, cobalah pasang sesuatu yang berwarna cerah di tempat mandi atau tempat makan burung. Dengan ini, kita akan “menuntun” burung ke hal-hal yang dibutuhkannya, memperbesar kemungkinan kembalinya burung ke halaman kita.

Tidak hanya “warna”

Perlu diketahui, membuat halaman kita penuh warna saja tak cukup untuk membuat burung-burung terus mengunjunginya.

Jadi, buatlah halaman rumah kita ramah burung dengan menyediakan makanan, air segar, tempat berteduh dan bersarang yang aman, serta tempat hinggap yang nyaman.

Dengan ini, burung dengan berbagai warna bulu akan betah di halaman rumah kita, mempercantik warna halaman.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/05/17/114343520/ini-warna-yang-bisa-mengundang-burung-ke-halaman-rumah-kita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke