Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Hyaluronic Acid bagi Rambut dan Cara Tepat Mengaplikasikannya

KOMPAS.com - Saat ini hyaluronic acid atau asam hialuronat menjadi salah satu bahan terpenting yang terkandung di dalam produk-produk kecantikan.

Secara alami, zat ini juga sebenarnya ditemukan di bagian tubuh tertentu, termasuk kulit kita.

Ahli kimia kosmetik dan pendiri Beauty Stat, Ron Robinson, pun mengatakan bahwa sebagai humektan, fungsi hyaluronic acid adalah untuk mengikat air sehingga dapat melumasi dan menghidrasi berbagai jaringan.

"Kita akan menemukan hyaluronic acid dalam matriks ekstraseluler atau ruang antara sel yang juga diisi dengan kolagen dan elastin, sebagai protein yang memberikan struktur, tekstur, dan warna kulit," terangnya.

"Seiring bertambahnya usia, produksi hyaluronic acid, kolagen, dan elastin tubuh kita menurun yang mengakibatkan hilangnya volume, serta hidrasi di kulit," tambahnya.

Ada pun hyaluronic acid yang kita temukan dalam produk kecantikan dibuat secara sintetis dan memiliki tujuan yang sama yakni untuk menarik kelembaban.

"Bila digunakan [secara topikal] dalam perawatan kulit, ini akan membantu menghidrasi lapisan kulit luar, meningkatkan kecerahan, dan mengisi garis dan kerutan," kata seorang dokter kulit bersertifikat, Dr Joshua Zeichner, MD.

"Anggap saja seperti spons yang meraih air untuk menghidrasi dan mengisi sekelilingnya," ujar dia.

Dan tidak hanya kulit di permukaan tubuh saja, hyaluronic acid juga dapat bermanfaat bagi kulit kepala maupun helai rambut kita.

Meskipun tidak ditemukan secara alami di rambut, hyaluronic acid tetap dapat bekerja untuk menghidrasi rambut kita dengan cara yang sama seperti pada kulit.

"Menambahkannya ke dalam rutinitas kita dapat membantu melawan penurunan alami hyaluronic acid seiring bertambahnya usia dan meningkatkan hidrasi maupun kelembaban pada rambut dan kulit kepala," katanya.

Dokter Zeichner juga menuturkan bahwa hyaluronic acid merupakan bahan yang dapat digunakan setiap hari di semua jenis rambut.

Karena itu, berikut adalah tiga manfaat utama hyaluronic acid untuk rambut yang perlu kita ketahui.

• Melembabkan kulit kepala

"Karena kulit kepala adalah kulit, manfaat hidrasi yang sama juga berlaku," kata Robinson.

Sifat menghidrasi hyaluronic acid dapat sangat membantu jika kita berjuang dengan kulit kepala yang gatal dan mengelupas karena kekeringan.

Ahli trikologi bersertifikat di BosleyMD, Gretchen Friese, mengatakan bahwa menggunakan perawatan kulit kepala dengan bahan hyaluronic acid dapat membantu melembabkan area yang kering dan bersisik.

Ini juga mampu mendorong lingkungan untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan membuat kulit kepala terasa lebih nyaman.

• Mengatasi rambut kusut

Jika kita sudah menggunakan banyak serum dan minyak rambut tetapi rambut masih kusut, maka mencari produk rambut yang mengandung hyaluronic acid bisa membantu.

"Hyaluronic acid dapat menarik kelembaban yang dapat membantu mengurangi dan mengendalikan rambut kusut," terang Friese.

Selain itu, sifat bahan yang mengembang — sekali lagi seperti spons — memberikan potensi untuk membuat rambut kita terlihat lebih bervolume.

"Dan sementara hyaluronic acid cukup kuat dengan sendirinya, menindaklanjutinya dengan bahan emolien dan oklusif seperti minyak dan mentega juga dapat membantu mengunci kelembaban," saran Robinson.

• Merevitalisasi rambut yang kering dan rusak

Meski bisa digunakan untuk semua jenis rambut. Tetapi rambut yang kering, keriting, dan rusak dapat memperoleh manfaat yang paling nyata berkat kekuatan hidrasi dari hyaluronic acid.

"Orang-orang dengan rambut yang diwarnai atau diproses secara kimia juga bisa mendapatkan manfaat tambahan dari bahan ini," jelas Dr DeRosa.

Penelitian menunjukkan bahwa rambut bisa menjadi lebih keropos akibat bahan kimia atau penataan panas yang berlebihan.

"Hyaluronic acid dapat membantu memperkuat untaian rambut yang rusak dengan mengisi retakan dan dengan demikian mengurangi porositas setiap untai," tambahnya.

Cara menggunakannya dengan tepat

Sebelum kita mulai mengolesi serum hyaluronic acid di kepala kita, perlu diingat bahwa produk perawatan kulit sering diformulasikan dengan bahan aktif yang berpotensi mengiritasi kulit kepala.

Untuk itu, carilah produk perawatan rambut yang diformulasikan dengan bahan tersebut.

"Karena kita biasanya mencoba mengunci kelembaban tambahan di rambut untuk mengatasi kekeringan atau rambut kusut, kita mungkin akan melihat hasil terbaik saat menggunakan kondisioner atau serum hyaluronic acid khusus rambut," kata Dr DeRosa.

Selain menggunakan kondisioner atau serum, masker rambut yang mengandung hyaluronic acid juga merupakan pilihan terbaik.

Menurut Robinson, produk khusus rambut yang menyertakan hyaluronic acid benar-benar dapat memastikan kelembaban di kulit kepala maupun rambut kita.

"Untuk manfaat ekstra, kita dapat memijat [produk khusus rambut hyaluronic acid] ke kulit kepala dan menyisirnya melalui ujung rambut," kata Friese.

"Pijat kulit kepala dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan melonggarkan sel-sel mati yang dapat membahayakan kesehatan kulit kepala," jelas dia.

Untuk frekuensi dan intensitas penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung hyaluronic acid akan sangat bergantung pada kebutuhan rambut kita pada waktu tertentu.

"Seseorang yang memiliki rambut sangat rapuh dan kering dapat mengambil manfaat dari rangkaian lengkap produk perawatan rambut yang mengandung hyaluronic acid yang digunakan setiap hari," demikian Dr DeRosa merekomendasikan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/05/17/141124320/manfaat-hyaluronic-acid-bagi-rambut-dan-cara-tepat-mengaplikasikannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke