Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bentuk Wajah Ideal di Mata Dokter Kecantikan, Seperti Apa?

Seperti kita tahu, bentuk wajah dapat dikategorikan menjadi beberapa shape. Seperti bentuk wajah oval, persegi, heart dan wajah bulat.

Seiring perkembangan teknologi dan inovasi di industri kecantikan. Tak sedikit orang yang berusaha untuk mengubah bentuk wajah mereka agar terlihat lebih menarik.

Dokter kecantikan atau estetika dalam hal ini turut berperan penting dalam menyikapi tren mengubah bentuk wajah tersebut.

"Ketika saya memulai karier sebagai dokter kecantikan sekian puluhan tahun lalu. Waktu itu teknologi membentuk wajah belum marak."

"Paling hanya mengandalkan proses bedah plastik kan ya."

"Tapi sekarang semua itu memungkinkan karena ada inovasi perubahan bentuk wajah dengan metode injeksi filler."

Demikian kata dr. Lanny Juniarty, Dip. AAAM, pendiri dan presiden direktur dari Miracle Aesthetic Clinic kepada Kompas.com, di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Lanny, banyak faktor yang membuat orang melakukan perubahan bentuk wajah. Salah satunya dengan alasan ingin tampil menarik.

Misalnya dengan melakukan injeksi filler di dagu yang sempat booming sejak 5-6 tahun belakangan ini.

Dari tren tersebut, kebanyakan orang ingin tampil lebih menarik dengan memiliki proporsi dagu yang lebih lancip dan memanjang.

"Tidak ada yang salah dengan tren ini. Bentuk wajah peranannya besar di dalam menentukan daya tarik seseorang," lanjut Lanny.

Di samping mengubah bentuk wajah dengan metode suntik filler, tren perubahan bentuk wajah dapat digambarkan dengan kehadiran make up artist (MUA) yang membuat profesi ini naik daun.

Tidak sedikit pula orang yang mempercayai jasa MUA untuk mengubah sedikit penampilan wajahnya dengan pulasan make-up.

"Mungkin ada yang ingin kelihatan mancung dan rahang lebih tegas dengan menggunakan shading dan kontur."

Seorang MUA mampu mengubah bentuk wajah asli menjadi lebih menarik dengan permainan warna dari make-up dan skill yang dia gunakan.

Sementara, dokter kecantikan mementingkan volume pada wajah, seperti mengisi kekosongan di bagian cekung, bagian cembung dan menyempurnakan konturnya.

"Dokter estetika tidak bermain di permukaan kulit. Tapi ada prosedur tertentu, dan dimulai dari lapisan kulit paling dalam."

"Ketebalan lemak di bawah kulit, jaringan otot yang membentuk wajah itu jadi kompleks."

"Kemudian tebal tipisnya otot rahang juga memengaruhi bentuk wajah. Jadi, kami para dokter kecantikan memerhatikan anatomi wajah," papar dia.

Seperti apa bentuk wajah yang menarik?

Bentuk wajah yang ideal turut memengaruhi persepsi seseorang terhadap karakter masing-masing individu.

Misalnya orang yang memiliki bentuk wajah pria dengan dagu kokoh dan wajah persegi. Maka dapat menimbulkan persepsi berbeda.

"Hanya dari bentuk dagu saja bisa memberi persepsi sosial soal karakter kita."

"Bentuk wajah seperti itu bisa memunculkan image maskulin terhadap kita."

"Sementara persepsi pada seseorang yang dagunya kecil juga bisa dianggap feminin."

Demikian kata dr. Danu Mahandaru, Sp.BP-RE, dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik dari The Clinic Beautylosophy.

Menelisik bentuk wajah ideal menurut para dokter estetika, setidaknya wajah memiliki proporsi seimbang dan terlihat natural.

Misalnya pada pria, bentuk wajah yang dianggap menarik adalah pria yang punya rahang kokoh dan tegas.

Sementara, pada perempuan struktur wajah bagian bawah mulai dari rahang sampai dagu berbentuk V, namun terlihat natural dan proporsional.

Dalam hal ini, dokter kecantikan juga melihatnya dari berbagai angle. Minimal 3D (tiga dimensi), tergantung bagaimana kontur wajahnya.

"Misalnya ada keinginan untuk memanipulasi bentuk dagu atau bagian bawah wajah."

"Dalam kondisi ini bentuk wajah bisa di-adjust ke atas arah pipi. Sehingga tampilan wajahnya menjadi lebih harmoni," tambah Lanny.

Jika dianalisa lebih lanjut, bentuk yang wajah ideal atau menarik itu juga bervariasi. Market atau tren yang tengah berkembang di masyarakat turut berpengaruh pada bentuk wajah yang dianggap ideal.

Seperti di Korea, wajah ideal pria bentuk wajahnya cenderung ke arah soft. Sedangkan untuk di negara Barat tipikal pria dengan rahang tegas dan wajah persegi masih dianggap menarik.

"Kalau di Indonesia justru kombinasi antara dua itu dan lebih beragam."

"Yang diperhatikan adalah proporsi bentuk wajahnya seimbang antara rahang dan dagu," kata dr. Danu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/05/19/190000120/bentuk-wajah-ideal-di-mata-dokter-kecantikan-seperti-apa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke