Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perempuan Ini Pelihara 400 Laba-Laba di Rumah untuk Atasi Fobia

KOMPAS.com - Bethany Staples, perempuan asal Wiltshire, Inggris, punya hewan peliharaan unik yang membuat kebanyakan teman-temannya takut untuk berkunjung ke rumah.

Dia memiliki 400 laba-laba yang ditempatkan pada wadah transparan di beberapa ruangan, termasuk di antaranya adalah tarantula berbisa.

Dia mengaku, awalnya tertarik memelihara serangga berkaki delapan itu karena sangat takut dengan laba-laba atau fobia.

"Saya tidak suka mereka. Saya takut. Saya pikir, saya akan menjadi laba-laba kalau terkena gigitannya," kata Bethany seperti dilansir Dailystar.

Bahkan suatu ketika dia melihat ada laba-laba di kamar mandi, Bethany bisa berteriak dan meminta tolong untuk mengeluarkan laba-laba itu.

Semakin ke sini ketakutannya pada laba-laba berubah menjadi ketertarikan. Perempuan berusia 28 tahun itu justru melawan rasa takutnya dengan memelihara ratusan laba-laba.

Ketertarikannya pada serangga yang bisa mengeluarkan jaring ini pertama kali dirasakan pada tahun 2020. Saat itu, dia baru saja tinggal sendiri di sebuah rumah dan membutuhkan teman atau peliharaan.

Terlintas dipikirannya adalah hewan yang perawatannya mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Pilihan pun jatuh pada laba-laba dan tarantula.

Setelah mempelajarinya, menurut dia, laba-laba dan tarantula adalah tipikal hewan unik. Di seluruh dunia, terdapat 100.000 jenis tarantula dengan beragam keunikannya.

"Mereka itu seperti Pokemon," tambah Bethany.

Meski tarantula termasuk hewan berbisa, tapi setelah dipelajari dia tahu betul bahwa tidak semua tarantula memiliki racun yang cukup kuat untuk membunuh manusia.

Kemudian hobinya digeluti dengan membiakkan sepasang laba-laba di tahun 2021. Bethany kemudian menangkap sendiri laba-laba yang ingin dipelihara.

"Saya ingin menangkap mereka semua. Ini adalah hobi yang adiktif karena mereka punya banyak jenis yang berbeda," tambah dia.

Hobinya menangkap laba-laba itu masih digeluti sampai sekarang. Kini, dia sudah mengoleksi 150 laba-laba dewasa dan 250 anakan laba-laba.

Beberapa di antaranya ada spesies berbisa seperti tarantula hitam Thailand dan rose hair.

Menurutnya, memelihara laba-laba dan tarantula tak cuma dapat menyembuhkan rasa takutnya. Tapi juga dianggap sebagai hobi yang membuatnya merasa lebih hidup.

"Hobiku ini membuat teman-temanku tidak mau masuk ke rumah. Karena mereka (laba-laba) mengambil alih seluruh ruangan," tutup dia.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/05/25/075412220/perempuan-ini-pelihara-400-laba-laba-di-rumah-untuk-atasi-fobia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke