Salin Artikel

Keramas Setiap Hari Bisa Bikin Rambut Cepat Rontok dan Rusak?

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan rambut dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mencuci rambut alias keramas menggunakan sampo.

Bagi beberapa orang, ada kalanya kebiasaan keramas dilakukan setiap hari dengan alasan untuk menjaga kesehatan rambut.

Seperti kita tahu, keramas memang bermanfaat dalam menjaga kebersihan rambut, membuat tampilannya lebih berkilau dan tampak terawat.

Akan tetapi, jika dilakukan terlalu sering, manfaatnya justru bisa berbalik dan mengakibatkan rambut lebih mudah rontok dan rusak.

"Kalau rambutnya memang berminyak sekali. Keramas setiap hari its okay. Tapi, kalau tidak berminyak tidak perlu. Rambut bisa lebih mudah rontok."

Demikian ungkap dr dr. Cintawati Farmanina, Mbio (AAM) dari Farmanina Aesthetic & Hair Clinic, Jakarta, belum lama ini.

Terlalu sering keramas dapat membuat rambut menjadi kering. Pasalnya, sampo yang digunakan saat keramas itu berfungsi menghilangkan minyak dan kerontokan pada rambut dan kulit kepala.

Ketika kondisi rambut seseorang tergolong normal atau kering, maka rambut dan kulit kepala bisa kehilangan kelembapan alami.

Akibatnya rambut jadi kering, rapuh hingga lebih mudah rontok ketika rambut disisir atau dirapikan. Dampak dari kelembapan yang hilang itu bisa membuat rambut tampak lebih kusam.

Penggunaan kondisioner mungkin bisa dipertimbangkan jika kita merasa perlu keramas setiap hari akibat aktivitas di luar yang terlalu padat atau beberapa kondisi tertentu.

Kondisioner ini bermanfaat menjaga kelembapan dari ujung rambut sampai ke kutikula. Kondisioner sifatnya juga dapat membersihkan kotoran dan minyak menumpuk di rambut. 

Tren keramas tanpa sampo

Belakangan ini, sempat muncul tren mencuci rambut tanpa sampo yang cukup sering terlihat di media sosial.

Mereka yang menerapkan cara itu beralasan karena sampo mengandung deterjen atau bahan kimiawi yang bisa merusak lingkungan.

Sebagai gantinya, mereka hanya mencuci rambut dengan air mengalir sembari memijat ringan kulit kepala dan menggunakan essential oil setelah mandi.

Melihat tren seperti itu, apakah keramas tanpa sampo bisa menjadi cara efektif menjaga kesehatan rambut?

dr. Faranina menambahkan, fungsi sampo bermanfaat dalam meluruhkan minyak dan kotoran di kulit kepala. Ketika rambut dan kulit kepala hanya dicuci dengan air mengalir, kotoran yang tersisa tidak akan terangkat secara sempurna.

Jika minyak dan kotoran itu dibiarkan terus menumpuk, tak heran berbagai masalah rambut bisa saja dialami orang tersebut. Seperti ketombe, rambut terlalu berminyak dan mudah rontok.

"Keramas tanpa sampo tidak ada gunanya. Buat apaan? Sampo itu gunanya mengangkat kotoran yang ada di kulit kepala," jelasnya.

Sejumlah orang khawatir dengan dampak sampo untuk lingkungan. Memilih untuk menggunakan sampo dengan bahan alami mungkin bisa menjadi solusinya.

Saat ini cukup mudah untuk menemukan sejumlah produk sampo yang mengandung bahan alami serta mengusung konsep sustainable yang lebih ramah lingkungan.

"Kalau hanya ngebasahin rambut dengan air nggak ada gunanya." pungkas dr. Nina.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/05/30/053542820/keramas-setiap-hari-bisa-bikin-rambut-cepat-rontok-dan-rusak

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.