Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Menu Sarapan Terbaik untuk Hilangkan Lemak Perut di Usia 50 ke Atas

Hal ini bisa disebabkan karena sistem metabolisme kita yang berubah seiring bertambahnya usia. Padahal, itu memainkan peran penting dalam tujuan kita menurunkan berat badan.

Jika kita berusia 50 tahun atau lebih dan ingin menurunkan berat badan sekaligus menghilangkan lemak perut, salah satu hal pertama yang dapat kita lakukan adalah makan sarapan dengan menu yang sehat.

Karena sarapan benar-benar makanan yang paling penting dalam sehari.

Apalagi, mendapatkan cukup protein, serat, dan lemak sehat dalam sarapan juga dapat membantu kita memenuhi tujuan penurunan berat badan bagi kita yang sudah berusia 50 tahun ke atas.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini adalah lima menu sarapan terbaik untuk menghilangkan lemak perut di usia 50 ke atas.

1. Telur

Telur merupakan salah satu menu sarapan yang paling umum dan sangat bagus untuk memulai pagi kita dengan cara yang sehat.

"Telur mengandung protein dan lemak, keduanya membantu kita mengekang nafsu makan sepanjang pagi dan sepanjang hari," kata ahli diet Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD.

"Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang makan 25 hingga 30 gram protein di pagi hari sering kali merasa puas dengan jumlah yang lebih sedikit di kemudian hari," terang dia.

Goodson pun merekomendasikan kita memasangkan telur dengan karbohidrat berserat seperti roti panggang gandum atau oatmeal untuk sarapan yang lengkap.

2. Greek yogurt

Greek yogurt adalah salah satu pilihan yogurt yang lebih sehat karena biasanya dilengkapi dengan lebih banyak protein dan lebih sedikit gula tambahan.

"Tinggi protein, greek yogurt biasanya menyediakan sekitar 14 hingga 18 gram protein, tergantung pada mereknya," ujar Goodson.

"Yogurt ini juga mengandung kalsium dan probiotik yang penting untuk kesehatan yang optimal."

"Nikmati yogurt dengan menambahkannya ke wafel gandum utuh atau campurkan ke dalam smoothie untuk sarapan kaya protein," saran dia.

3. Oatmeal

Oatmeal menyediakan serat yang dapat membuat kita kenyang, membantu pencernaan kita lebih lancar, dan bahkan membantu kita mengelola kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, tetapi oatmeal juga dapat membantu tujuan penurunan berat badan kita.

"Saya sangat percaya bahwa kita harus mencapai target protein harian. Jika kita ingin menghilangkan lemak perut, maka mengonsumsi protein yang cukup sangat penting untuk kesuksesan kita," kata ahli nutrisi Courtney D'Angelo, MS, RD.

"Oatmeal yang juga tinggi serat akan memperlambat pencernaan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama, yang pada gilirannya akan mencegah makan berlebihan sepanjang hari," terangnya.

4. Selai kacang

Selai kacang sendiri tidak akan cukup untuk sarapan, tetapi bisa menjadi tambahan yang bagus untuk berbagai jenis makanan.

"Menambahkan selai kacang alami ke dalam roti panggang, oatmeal, atau yogurt dapat menambahkan beberapa lemak sehat dan protein nabati yang dapat membantu mendukung rasa kenyang."

Demikian penuturan ahli gizi dan penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook, Lauren Manaker, MS, RDN.

5. Teh hijau

Dan terakhir, meskipun secara teknis bukan makanan, teh hijau dikemas penuh dengan manfaat kesehatan, termasuk membantu mengelola berat badan.

"Menyeruput teh hijau bisa menjadi tambahan yang bagus untuk sarapan," kata Manaker.

"Selama pemanis kalori tidak ditambahkan, teh hijau dapat mendukung manajemen berat badan berkat senyawa alami yang dikandungnya," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/01/110000020/5-menu-sarapan-terbaik-untuk-hilangkan-lemak-perut-di-usia-50-ke-atas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke