Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Dibutuhkan Anjing agar Bahagia?

KOMPAS.com - Sebagai penyayang anjing, tentu kita akan memberi anjing berbagai hal yang dibutuhkannya, mulai dari tempat tinggal, makanan, air, dan pelukan hangat.

Namun, rupanya itu saja tidak cukup. Dikutip dari Purina, ternyata kebutuhan anjng cukup kompleks, tidak berbeda jauh dengan manusia.

Untungnya, ada tips yang dapat membantu kita memenuhi semua kebutuhan anjing agar hidup anjing lebih bahagia, sehat, dan sejahtera.

Berikut tipsnya, seperti dikemukakan oleh psikolog Linda Michaels.

Kebutuhan biologis

Hal pertama yang harus kita penuhi adalah kebutuhan biologis anjing.

Ya, anjing tidak bisa berbicara dengan bahasa kita. Jadi, pemenuhan kebutuhan biologis seperti memberinya makan, minum dan tempat tidur yang baik akan sangat bergantung pada kita.

Mampu memenuhi kebutuhan biologis anjing juga merupakan langkah pertama dalam membangun ikatan dengan anjing.

Sebab, jika kita memenuhi segala kebutuhannya, seperti memberi anjing makanan setiap hari, selalu memberinya air segar, memiliki ruang tidur sendiri tanpa gangguan, atau tidak lupa mengajak anjing untuk berjalan-jalan dan memperhatikan kesehatannya bisa dihindari.

Dengan ini. anjing pun akan merasa cukup aman dan anjing dapat mulai mempercayai kita.

Kebutuhan emosional

Hal lain yang dibutuhkan anjing adalah kebutuhan emosional. Bahkan, kebutuhan emosional ini sama pentingnya dengan kebutuhan fisik

Pasalnya, memenuhi kebutuhan emosional anjing dapat membangun kepercayaan dan rasa aman untuk anjing, yang sangat penting untuk kesejahteraannya.

Nah, kunci untuk memenuhi kebutuhan emosional adalah konsistensi. Jadi, cobalah untuk selalu menunjukkan rasa cinta kita pada anjing melalui tindakan dan buat anjing yakin bahwa ia dapat mempercayai kita.

Berlatih tanpa paksaan

Jika telah berhasil memenuhi kebutuhan biologis dan emosional serta membuat anjing percaya pada kita, artinya kita siap menjadi “guru” yang juga dipercayai anjing.

Lalu saat mengajari atau melatih anjing melakukan sesuatu, kita perlu melakukannya tanpa paksaan dan bisa mencoba membuat berlatih menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Misalnya, dengan memberi camilan favorit anjing saat anabul kesayangan kita itu berhasil melakukan sesuatu yang kita ajarkan.

Kebutuhan sosial

Lalu, jika kondisi anjing sangat baik dan telah menjadikan kita sebagai teman yang dipercayai, artinya anjing bisa menjelajahi dan mengunjungi berbagai tempat dengan aman.

Aktivitas menjelajahi inilah yang akan membuat kebutuhan sosial anjing terpenuhi. Sebab, anjing akan berinteraksi dengan manusia dan anjing lainnya.

Tugas kita hanyalah membantu anjing untuk mengembangkan keterampilan sosialnya, dan memberi anjing kesempatan untuk bermain adalah salah satunya.

Kebutuhan kognitif

Kebutihan terakhir anjing yang perllu kita penuhi adalah kebutuhan kognitif.

Jadi, selain melatih anjing dan berkomunikasi dengannya, terkadang anjing juga perlu diberi pilihan dan kesempatan untuk memecahkan masalah serta mencoba hal baru, seperti mengajarinya melakukan beberapa trik.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/06/083418020/apa-yang-dibutuhkan-anjing-agar-bahagia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke