Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melihat dari Dekat Supercar Bugatti Chiron dari Lego di Denmark

Angin yang bertiup kencang di pagi itu memaksa setiap orang yang melintas di jalan memasukkan tangan mereka ke saku, sambil berjalan lebih cepat.

Suasana serupa pun terasa di Lego Campus, komplek perkantoran baru milik brand pembuat blok mainan anak-anak asal Denmark, yang baru diresmikan penggunaannya sejak April 2022 lalu.

Meski udara dingin, dan matahari masih malu memancarkan sinarnya, tak kurang dari 20an wartawan dari berbagai negara sudah meramaikan atrium utama dari bangunan megah itu.

Para wartawan tersebut diundang untuk ikut dalam serangkaian acara dalam rangka perayaan 90 tahun Lego.

Setelah melewati dua pintu kaca besar yang menjadi akses utama ke dalam Lego Campus, udara dingin pun seketika tertinggal di luar.

Selanjutnya, mata setiap pengunjung -apalagi yang baru pertama kali masuk ke gedung itu- pasti akan terpesona dengan betapa lapang dan megahnya Lego Campus.

Pada langit-langit atrium kantor yang mirip pusat perbelanjaan mewah itu tergantung tiga balok lego raksasa, yang masing-masing sisinya adalah layar LCD yang memutar berbagai video promo.

Kombinasi warna kuning dan putih di bangunan itu, sungguh mengingatkan kita pada balok-balok Lego, yang sudah amat familiar.

Berita foto: Melihat Supercar Bugatti Chiron dari Lego di Denmark

Supercar Bugatti Chiron


Nah, di antara kemegahan interior Lego Campus itu, terdapat sebuah supercar yang terparkir di salah satu sudut atrium, dan amat mengundang perhatian.

Mobil yang didominasi warna biru tersebut bukanlah sembarang mobil. Ini adalah kreasi fenomenal dari Lego yang langsung mengundang perhatian dunia, saat pertama kali diperkenalkan tahun 2018 silam.

Pesonanya pun tak pupus. Buktinya, hampir semua wartawan dan tamu yang datang pagi itu menyempatkan diri mendekat, dan mengagumi kreasi unik ini. 

Ya, supercar Bugatti Chiron yang dibangun dengan lebih dari 1 juta elemen Lego Technic, dengan 339 ragam potongan berbeda dirakit tanpa perekat.

Hasilnya, kendaraan seberat 1,5 ton ini dapat melaju layaknya mobil sungguhan, meski hanya dengan kekuatan 92Nm dan kecepatan maksimal 20 kilometer per jam.

Wajar saja, sebab mesin yang menggerakkan mobil ini bukan mesin supercar, melainkan komponen dari Lego Technic pula.

Kini, kreasi yang menghabiskan lebih dari 13.000 jam kerja tersebut dipajang di kantor baru Lego, dan menjadi yang paling mencolok di antara banyak ornamen Lego yang menghiasi bangunan tersebut.

Diletakkan di atas level hitam setinggi 30an centimeter bertuliskan Lego Technic, mobil tersebut dapat dinikmati oleh siapa pun yang mampir ke Lego Campus.

Pada salah satu sudut panggung tempat supercar itu dipajang, disiapkan sebuah layar sentuh, yang memungkinkan kita untuk menyalakan lampu kabin, lampu sign, lampu utama, hingga mendengarkan suara asli dari Bugatti Chiron ini.

Lalu, pada sudut ruang tak jauh dari mobil ini, dibuat semacam replika bengkel yang menggambarkan bagaimana proses pembangunan mobil tersebut, mulai dari fase sketsa hingga perakitan.

Ornamen-ornamen khas bengkel di pasang di sana, replika kunci inggris, catatan bengkel, hingga mug kopi yang tumpah di meja, dibuat sebagai aksen untuk menciptakan suasana yang sebenarnya.

Ada kertas sketsa dan foto-foto perakitan, termasuk foto berbingkai besar bergambar test driver Bugatti Andy Wallace saat menjajal mobil ini di lintasan Ehra Lessien, di luar kota Wolfsburg, Jerman.

Lokasi tersebut adalah tempat yang sama di mana supercar Bugatti sungguhan menjalani sesi pengujian.

Kini, kendaraan tersebut terpajang apik, tak boleh disentuh, dan menjadi semacam penanda kesuksesan tim kreator Lego mewujudkan tantangan besar setelah sebelumnya "hanya" membuat replika mobil ini dalam ukuran 1:8.

Dan, tak hanya itu -tentu saja, kehadiran Bugatti Chiron di Lego Campus mampu menambah "wah" penampilan kantor besar yang berdiri di kota nan lengang itu. 

"Awas, jangan dipegang," kata seorang wartawan kepada rekan lainnya, sambil menunjuk tulisan kecil yang melarang pengunjung menyentuh mobil itu.

Sayangnya, detail potongan-potongan komponen Lego yang terjalin dan menjadi sebuah supercar tersebut sungguh menggoda untuk disentuh dan diraba. Luar biasa...

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/06/091430120/melihat-dari-dekat-supercar-bugatti-chiron-dari-lego-di-denmark

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke