Salin Artikel

Cara Paling Aman Menolong Korban Pelecehan Seksual di Tempat Umum

KOMPAS.com - Aksi pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja, tak terkecuali di tempat umum.

Beberapa contoh kasus yang sering ditemui antara lain memamerkan alat kelamin ke lawan jenis sampai aksi pelecehan secara fisik yang terjadi di transportasi umum, pinggir jalan dan tempat umum lainnya. 

Sebetulnya tindakan seperti itu bisa dicegah. Sayangnya, ketika pelecehan di ruang publik terjadi, masih banyak orang mengabaikan, takut atau bahkan bingung harus berbuat apa.

Ikhsan Bella Persada, M.Psi, psikolog klinis dari situs konseling online yang berbasis di Indonesia mengatakan, sebaiknya ketika melihat pelecehan seksual di tempat umum kita jangan cuma diam.

"Kita bisa menegur langsung pelaku untuk menghentikan aksi atau perilakunya," kata Ikhsan saat dihubungi Kompas.com.

Ketika menegur pelaku dirasa menjadi satu hal yang tidak memungkinkan. Entah karena takut memicu keributan dan alasan lain, kita bisa mencoba menolong korban dengan mengajaknya ngobrol.

"Kita juga bisa mengajak korban untuk berinteraksi," imbuh Ikhsan.

Mengajak ngobrol korban pelecehan yang mungkin tidak sadar jika tengah dilecehkan bisa menjadi cara paling aman untuk menyelamatkannya.

Kita dapat membuka obrolan ringan dengan berpura-pura menjadi temannya dan bila memungkinkan beri kode tersirat bahwa si korban tengah berada di posisi yang tidak aman.

Tujuan dari mengajak korban berinteraksi adalah untuk mengalihkan perhatian dan fokus si pelaku.

Dengan begitu, si pelaku pelecehan akan terdistraksi bahwa ada orang lain yang memerhatikan gerak-geriknya.

Cara ini dapat membantu korban agar merasa lebih tenang ketika dia tahu bahwa tengah dilecehkan orang lain.

Atau bisa juga mendokumentasikan aksi pelaku pelecehan untuk dijadikan bukti kuat dan laporkan kejadian itu kepada pihak berwajib.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/11/130000420/cara-paling-aman-menolong-korban-pelecehan-seksual-di-tempat-umum

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.