Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suhu Rendah Sungai Aare Menjaga Jasad Eril Utuh, Ini Penjelasan Ahli

Jasad putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu ditemukan dalam keadaan utuh, setelah 14 hari masa pencarian di sekitar Sungai Aare.

Melalui cuitan Ridwan Kamil di Twitter, ia menyampaikan bahwa jasad Eril ditemukan utuh setelah dua minggu tenggelam di Sungai Aare.

"Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna, membuat jasadnya terjaga setengah membeku, sehingga tetap utuh lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hari," katanya pada Jumat, 10 Juni 2022.

Kabar ini tentu menggembirakan bagi banyak orang yang mendoakannya namun juga mengherankan.

Banyak yang tidak menyangka jika tubuh Eril tetap utuh meskipun sudah dua pekan berada di sungai.

Penjelasan ahli forensik terkait jasad Eril yang masih utuh

Pada korban kecelakaan di perairan, termasuk tenggelam, bukan tidak mungkin jasadnya ditemukan masih dalam keadaan utuh.

Seperti diberitakan Kompas.com, (11/6/2022), faktor alam di Sungai Aare yang menjadi tempat Eril tenggelam itu merupakan hal yang memengaruhi.

Kepala Departemen Kedokteran Forensik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Ade Firmansyah menjelaskan secara ringkas proses pembusukan pada jasad yang tenggelam.

Dia menjelaskan bahwa semua jenazah akan membusuk akibat bakteri dan penguraian sel-sel mati di dalam tubuh.

Kedua faktor itu bisa dipercepat prosesnya atau diperlambat yang dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya tempat penyimpanan jenazah.

Jenazah di ruang terbuka akan membusuk dalam satu hari, ditandai perut kiri bawah yang berubah warna menjadi hijau.

Adapula jenazah yang di dalam tanah atau terkubur, proses pembusukannya delapan kali lebih lambat dari di ruang terbuka.

Artinya, secara umum jenazah bisa bertahan lebih dari satu minggu.

Sementara pada jasad di dalam air, pembusukannya akan dua kali lebih lambat daripada di ruang terbuka, atau bisa bertahan selama 2x24 jam.

"Suhunya juga mungkin lebih rendah dan di bawah suhu optimal. Juga faktor-faktor lain, faktor mineral yang terkandung di dalam air, itu bisa membantunya timbul saponifikasi (proses jenazah tidak busuk),"

Berdasarkan pernyataan Ridwan Kamil, air di dasar Sungai Aare sedingin kulkas yang jika diperkirakan suhunya mencapai sekitar empat derajat celcius.

Ade menjelaskan, di suhu dingin tersebut, jasad manusia bisa bertahan selama satu bulan tanpa proses pembusukan.

Kemudian bersihnya Sungai Aare dari sampah kayu juga dikatakan berkontribusi dalam mencegah jasad Eril dari luka yang dapat mempercepat pembusukan.

Sehingga dapat disimpulkan kalau faktor air, suhu dan kebersihan dari sungai yang ditetapkan sebagai warisan tak benda oleh UNESCO itu telah menjaga jasad Eril tetap utuh sampai ditemukan oleh Geraldine Beldi, seorang guru SD di Swiss.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/12/151210820/suhu-rendah-sungai-aare-menjaga-jasad-eril-utuh-ini-penjelasan-ahli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke