Salin Artikel

Jangan Kendur Pakai Masker untuk Cegah Covid di Masa Transisi Endemi

KOMPAS.com - Akibat pandemi Covid-19, masker telah menjadi bagian dari kehidupan kita selama dua tahun belakangan.

Di tahun 2022, kita tengah menghadapi masa transisi pandemi menuju endemi. Artinya, kebiasaan memakai masker di ruang publik sama penting seperti sebelumnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, merekomendasikan bahwa setiap orang yang berusia 2 tahun ke atas perlu memakai masker ketika berada di tempat umum, termasuk di dalam ruangan.

Terutama jika kita berada di negara atau daerah dengan penularan Covid-19 yang masih tinggi, atau sedang mengalami kenaikan.

Kebiasaan pakai masker ini bertujuan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penyebaran Covid-19.

Mengingat kasus penyakit akibat virus corona di Indonesia saat ini kembali mengalami kenaikan dengan kabar temuan Omicron BA.4 dan BA.5.

Penggunaan masker di tempat umum setidaknya jangan sampai kendur. Pertimbangkan kembali jenis masker yang efektif untuk mencegah penularan.

Masker paling efektif cegah penularan Covid-19

Melansir Today, Senin (13/6/2022), saat memilih masker, CDC merekomendasikan setidaknya minimal memiliki dua lapisan atau 2 ply.

Masker jenis ini terdiri dua lapisan, yaitu bagian terluar dan lapisan dalam tanpa lapisan tengah yang berfungsi sebagai penyaring.

Jenis masker yang memiliki dua lapisan itu seperti masker bedah yang kita kenal dengan warna hijau, biru atau putih.

Para pakar kesehatan juga merekomendasikan masker lain yang lebih efektif, yaitu masker KN95 atau N95.

Masker ini cenderung lebih rapat menutup bagian hidung sampai mulut. Saat ini, variasinya juga cukup beragam dan hadir dengan warna menarik yang bisa disesuaikan dengan outfit.

Untuk mendapatkan perlindungan lebih dari penularan Covid-19, kita juga dapat mempertimbangkan untuk memakai double-masking (memakai masker kain di atas masker bedah).

Dalam hal mencegah penularan Covid-19, sebenarnya penggunaan masker saja belum cukup. Kita perlu memerhatikan cara memakainya agar lebih memproteksi diri.

Misalnya penggunaan masker harus benar-benar menutupi bagian hidung dan mulut dan perlu disesuaikan dengan ukuran wajah.

Hal itu bermaksud untuk menghindari celah di sekitar wajah yang dapat menjadi peluang bagi partikel virus untuk menginfeksi lewat saluran pernapasan.

Pertimbangkan pula untuk memilih masker yang memiliki kawat pada bagian hidungnya.

Pemakaian masker yang sesuai bisa diperhatikan dengan mengencangkan atau merapatkan bagian kawat itu ke batang hidung.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/13/102218020/jangan-kendur-pakai-masker-untuk-cegah-covid-di-masa-transisi-endemi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.