Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Bersihkan Tirai Kamar Mandi Berbahan Kain dan Plastik

Dan alih-alih membuangnya saat mulai terlihat kotor untuk dipakai, cobalah membersihkan tirai yang sebenarnya dapat kita lakukan dengan mudah dan bisa menghemat waktu maupun uang.

"Membersihkan tirai kamar mandi bisa menjadi tugas yang sangat cepat dan mudah, jadi ini adalah pilihan yang jauh lebih hemat biaya daripada membeli yang baru setiap kali noda muncul."

Demikian penuturan Lauren Bowen, Direktur Operasi Waralaba di Two Maids and a Mop.

"Daripada menghabiskan uang untuk mengganti tirai kamar mandi setiap bulan, alangkah baiknya jika dapat membersihkannya sendiri."

"Langkah ini juga dapat memperpanjang umur tirai selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun lebih lama," sambung dia.

Membersihkan tirai dari kain

Karena tirai kamar mandi dari kain tidak menggantung langsung di sebelah air, Bowen menyarankan agar tirai kain tidak perlu dibersihkan setiap minggu.

"Mencuci tirai kain setiap tiga bulan sekali biasanya cukup untuk menjaganya tetap dalam kondisi yang baik," ungkap dia.

Cara paling mudah untuk mencuci tirai kain adalah dengan menggunakan mesin cuci, tetapi periksa labelnya untuk memastikan metode ini aman untuk dilakukan.

Pertama-tama, kita perlu melepaskan tirai kain dari cincin atau pengait — ini akan menjadi bagian pekerjaan yang paling menyita waktu — dan atur mesin cuci ke siklus lembut, pakai air hangat, kemudian ubah pengaturan air tertinggi.

"Tuangkan beberapa tetes deterjen dan secangkir cuka putih untuk membersihkannya," terang Presiden Molly Maid, Vera Peterson.

"Setelah siklus selesai, gantung tirai kembali pada gagang atau batangnya untuk mengeringkannya dengan udara secara alami," kata dia.

Membersihkan tirai dari plastik

Tirai plastik biasanya akan menerima semprotan air terberat selama kita mandi dan harus dibersihkan lebih sering daripada tirai kain.

"Frekuensi ideal pembersihan tirai plastik adalah sebulan sekali untuk menghindari pertumbuhan jamur karena paling dekat dengan semua kelembaban," kata Bowen.

"Jika tirai kita terbuat dari plastik, maka kita masih bisa menggunakan mesin cuci, tetapi ubah pengaturannya menjadi air dingin."

"Lalu, tambahkan 1-2 handuk mandi ke dalam muatan untuk mencegahnya berkerut terlalu banyak," kata dia.

Sebagai langkah ekstra untuk melawan jamur, kita dapat menambahkan deterjen atau pembersih yang lebih kuat.

Bowen pun merekomendasikan untuk menambahkan setengah cangkir baking soda dan seperempat cangkir cuka dalam siklus bilas.

Sementara, Paterson biasanya menambahkan pemutih. "Pastikan untuk tidak mencampur bahan pembersih ini karena dapat menimbulkan reaksi satu sama lain," ujar Paterson.

"Jika kita secara khusus ingin membunuh spora jamur atau menghilangkan jamur, maka pemutih sangat disarankan untuk menjadi pilihan produk saat mencuci," tutur dia.

Apalagi, metode ini disebut dapat membantu menghilangkan jamur maupun lumut yang menumpuk, yang sangat umum pada tirai kamar mandi plastik yang terus-menerus terkena air.

"Setelah dicuci, ingatlah untuk membiarkan tirai plastik mengering dengan alami karena bisa meleleh jika dikeringkan ke dalam mesin pengering," lanjut dia.

Solusi pembersihan DIY tanpa mesin

Jika kita tidak memiliki akses ke mesin cuci yang cukup besar untuk tirai kamar mandi atau jika bahannya tidak memungkinkan untuk mesin cuci, Bowen menyarankan opsi DIY.

"Untuk perbaikan yang cepat dan mudah, campurkan satu bagian cuka dengan empat bagian air dalam botol semprot," kata dia.

"Di sisi yang menggantung di bak mandi, yang akan sangat rentan terhadap pertumbuhan jamur, semprotkan larutan tersebut pada tirai."

"Cuka akan membantu menghancurkan jamur dan buih sabun yang terkumpul di tirai," sebut dia.

Lakukan hal yang sama untuk bagian tirai lainnya yang terlihat kotor, lalu bilas dengan air hangat.

"Untuk pembersihan yang lebih menyeluruh dan lebih dalam, kita bisa mencuci tirai dengan tangan di bak mandi," kata Bowen.

Keluarkan tirai dari gagangnya dan letakkan di dalam bak mandi atau wastafel besar yang berisi dengan air.

Kemudian, campurkan seperempat cangkir baking soda dan sedikit deterjen ke dalam air, lalu cuci tirai dengan menggunakan tangan.

"Setelah itu, keringkan tirai secara alami dengan menggantungnya kembali di gagangnya," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/13/140000120/cara-mudah-bersihkan-tirai-kamar-mandi-berbahan-kain-dan-plastik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke