Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsultasi Kesehatan Online Tetap Diminati Setelah Pandemi

Pasien dapat berkonsultasi dengan dokter hingga memesan obat hanya lewat telepon seluler tanpa perlu keluar rumah atau mengantri di klinik dan rumah sakit.

Sebagai salah satu platform telemedicine terbesar di Indonesia, Good Doctor memaparkan dua keuntungan besar menggunakan telemedicine, yaitu waktu tunggu pasien yang lebih singkat dan biaya yang lebih murah.

“Berobat di rumah sakit membutuhkan waktu 4–5 jam dengan risiko tinggi terpapar Covid-19, menguras energi, dan membutuhkan usaha tinggi, sedangkan dengan layanan Good Doctor hanya membutuhkan waktu 40–45 menit karena konsultasi 24/7 di mana pun dan kapan pun," kata Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana, dalam keterangan pers.

Studi kasus yang dilakukan oleh PT Good Doctor Technology Indonesia sepanjang tahun 2020–2021 menunjukkan 8 gejala paling umum yang dialami oleh karyawan yang melakukan sesi telemedicine.

Keluhan yang paling umum adalah nasofaringitis akut, faringitis akut, dan laringofaringitis akut.

Menurut Danu, dengan berkonsultasi dan berobat secara online, karyawan dapat menghemat waktu dan biaya karena jasa layanan yang lebih murah lewat aplikasi telemedicine.

"Diasumsikan jika manfaat rawat jalan mereka (asuransi) sekitar Rp 2,5 juta per tahun maka mereka hanya bisa berobat ke rumah sakit offline sebanyak 6 kali dalam setahun, jika sekali berobat sekitar Rp 400.000. Sedangkan dengan menggunakan layanan telemedicine, mereka dapat melakukannya sebanyak 23 kali dalam setahun," katanya.

Ia menyebut, di Indonesia, semakin banyak perusahaan yang ingin memasukkan telemedicine dan layanan kesehatan digital lainnya sebagai bagian dari paket tunjangan kesehatan bagi karyawan.

Menurut perusahaan konsultan manajemen global, Kearney, untuk sponsor asuransi swasta, aplikasi kesehatan membuka peluang-peluang baru, seperti menyediakan asuransi kesehatan berkualitas menengah dan terjangkau.

Opsi perawatan kesehatan yang berkualitas juga dapat meningkatkan kepuasan karyawan dan mengurangi ketidakhadiran. Terlebih saat ini layanan telemedicine juga menyediakan layanan untuk kesehatan fisik dan mental.

"Bukan perkara mudah bagi perusahaan untuk merekrut dan mempertahankan talenta terbaik. Salah satu kiat yang dapat dilakukan perusahaan adalah meningkatkan tunjangan karyawan, termasuk telemedicine, yang pada akhirnya juga menguntungkan perusahaan," katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/16/183441220/konsultasi-kesehatan-online-tetap-diminati-setelah-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke