Salin Artikel

Meksiko Pecahkan Rekor Dunia Kelas Tinju dengan Peserta Terbanyak

KOMPAS.com - Meksiko baru saja memecahkan rekor dunia anyar. Negara ini berhasil menghelat kelas tinju dengan jumlah peserta terbanyak sejagat.

Rekor yang ditorehkan di Guinness World Record tersebut diinisiasi oleh Sports Institute (Indeporte) Mexico City.

Tercatat sebayak 14.299 peserta mengikuti pemecahan rekor dunia kelas tinju terbanyak yang digelar Sabtu (18/6/2022) waktu setempat.

Sebelum pemecahan rekor dimulai, belasan ribu peserta dikumpulkan terlebih dulu di Plaza de la Constitucion yang merupakan zocalo alias alun-alun kota Mexico City.

Mereka lantas dipandu oleh 15 petinju dan mantan petinju asal Meksiko untuk mengikuti kelas tinju selama 30 menit dengan dua kali waktu istirahat selama 20 detik.

Petinju yang memandu jalannya pemecahan rekor, terdiri dari Erik "El Terrible" Morales, Andy Ruiz Jr., Oscar Valdez, Jackie Nava, Humberto "Chiquita" González, Miguel Berchelt, dan Jose "Pipino" Cuevas.

Kemudian, masih ada nama Alfonso Zamora, Jose Luis Bueno, Jose Antonio "Jaguar" Aguirre, Ganigan Lopez, Adrian "Confesor" Hernandez, Mariana Juarez, Ana Maria Torres hingga Alan David Picasso.

Selama pemecahan rekor berlangsung para peserta dibagi menjadi tiga blok. Masing-masing blok diminta mengenakan t-shirt dengan warna merah, putih, dan hijau.

Ketiga warna tersebut melambangkan bendera kebesaran Meksiko alias Bandera de Mexico.

Dari foto yang diungkap ESPN, Plaza de la Constitucion terlihat semarak berkat kekompakan peserta yang mengenakan t-shirt berwarna bendera Meksiko.

Direktur Indeporte, Javier Hidalgo Ponce, baru menunjukkan t-shirt tersebut hanya beberapa minggu sebelum pemecahan rekor digelar.

"Ini akan menjadi pesta warna-warni yang hebat karena bersama-sama kita akan membentuk bendera Meksiko dengan t-shirt indah yang akan dimiliki oleh setiap peserta," kata Hidalgo.

Dilansir dari Bleach Report, sebanyak 40.000 orang sebenarnya sudah mendaftarkan diri untuk pemecahan rekor kelas tinju dengan peserta terbanyak di dunia.

Namun, pihak penyelenggara hanya mengakomodasi 15.000 hingga 20.000 peserta untuk berpartisipasi.

"Untuk memecahkan Guinness Record, rekor kelas tinju terbanyak akan terus berlanjut, tidak akan bisa berhenti," tulis Bleach Report mengutip pernyataan WBC Boxing.

Perlu diketahui bahwa rekor dunia kelas tinju dengan peserta terbanyak kali ini berhasil mengguli torehan sebelumnya yang dipecahkan oleh Rusia.

Negara Beruang Merah itu sempat mencatatkan rekor dunia dalam kategori yang sama dengan melibatkan 3.250 peserta di Moskow lada 2017 lalu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/20/142232620/meksiko-pecahkan-rekor-dunia-kelas-tinju-dengan-peserta-terbanyak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.