Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Thailand Siapkan Semprotan Hidung Anti-Covid, Meluncur September 2022

KOMPAS.com - Thailand tengah mengembangkan inovasi baru untuk mencegah penularan Covid-19 melalui nasal spray semprotan hidung.

Rencananya, nasal spray tersebut mulai tersedia pada September 2022 dan bisa digunakan untuk umum.

Semprotan hidung untuk mencegah penularan Covid-19 itu merupakan proyek kolaborasi dari para ahli farmasi dan sejumlah universitas ternama di Negeri Gajah Putih.

Di antaranya adalah tenaga medis di Universitas Chulalongkorn, Universitas Silpakorn, Institut Penelitian Sistem Kesehatan (HSRI), Organisasi Farmasi Pemerintah (GPO), dan Siam Bioscience.

Perwakilan dari masing-masing institusi menandatangani perjanjian pada 28 Februari 2022 untuk bersama-sama mengembangkan semprotan hidung, yang bertujuan mendorong inovasi dan upaya penelitian Thailand agar memenuhi standar internasional.

Wakil Direktur (GPO) Rangsee Patlee mengatakan, semua bahan baku yang digunakan untuk membuat semprotan hidung ini telah mendapat sertifikasi dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat. 

Selain itu, ada pula sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) sebagai perangkat medis yang aman digunakan secara luas. 

"Karena fasilitas kami sudah memenuhi persyaratan ISO untuk distribusi pasokan medis. Kami dapat menjamin bahwa nasal spray anti-Covid ini aman dan berkualitas,"

Demikian kata Rangsee, seperti dilansir New Straits Times.

Dalam pencegahan penularan Covid-19 di Thailand, pemerintah setempat tak cuma membuat inovasi semprotan hidung anti-Covid.

Vaksin

Mereka tengah mengembangkan vaksin Covid-19 Thailand yang kedua. Vaksin itu diberi nama HXP-GPOVac, yang kini sudah melalui uji klinis pertama dan kedua.

Berdasarkan sejumlah penelitian laboratorium, vaksin tersebut dapat menangkal varian Omicron dan turunannya.

Bahkan penggunaan secara massal di luar Thailand tengah dipertimbangkan untuk disetujui oleh FDA.

Rachada Dhnadirek, yang merupakan wakil juru bicara Pemerintah Thailand mengatakan, perkembangan bioteknologi ini mencerminkan potensi ilmuwan dan kekuatan sistem kesehatan di Thailand.

Meski Covid-19 akan menjadi endemik, pengembangan vaksin masih diperlukan untuk penggunaan di masa depan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/20/143148920/thailand-siapkan-semprotan-hidung-anti-covid-meluncur-september-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke