Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dikritik Soal Pola Asuh, Begini Tanggapan Kate Middleton

KOMPAS.com - Kate Middleton menekankan bahwa hal terpenting dalam tumbuh kembang seorang anak adalah pengalaman di usia dini.

“Anak yang sehat dan bahagia akan membuat dunia yang lebih sehat dan bahagia pula,” ujarnya.

Hal tersebut diutarakan Kate setelah dia mendapat kritik soal pola asuhnya karena tingkah laku “nakal” putra termudanya, Pangeran Louis di gala Platinum Jubilee pada awal Juni lalu.

Dilaporkan Newsweek, organisasi Center for Early Childhood, yang didirikan Kate melalui Royal Foundation bersama Pangeran William, baru saja menerbitkan penelitian baru tentang persepsi publik terkait perkembangan masa kanak-kanak dan dampaknya terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan.

Sang Duchess of Cambridge ini memang dikenal sangat mengutamakan soal pola asuh anak di tahun-tahun pertama setelah kelahirannya.

Tak hanya itu, dia juga mendukung berbagai penelitian terkait kesehatan mental anak, seperti meluncurkan survei bertajuk '5 Pertanyaan Besar tentang Balita' pada tahun 2020 lalu.

Kendati demikian, nampaknya bukan Kate saja yang ingin terlibat dalam penelitian terkait pengasuhan anak. Pasalnya, warganet juga “meneliti” keterampilan Kate dalam menangani putra bungsunya selama Platinum Jubilee lalu.

Sebagaimana diketahui, banyak pengguna Twitter melontarkan berbagai kritik pedas pada Kate tepat setelah Pangeran Louis terekam kamera tengah menutup mulut ibunya dan menekankan ibu jarinya sendiri ke hidungnya.

Salah satu dari komentar tersebut bahkan membandingkan Kate dan Ratu Elizabeth.

"Anak-anak itu pintar dan tahu kapan saatnya mereka berperilaku buruk. Sewaktu seusia Kate, Ratu Elizabeth tidak pernah berperilaku seperti itu. Kate seharusnya berperilaku lebih baik sebagai orangtua,” tulis salah satu warganet.

Sementara itu, pengguna twitter lainnya menyindir Kate dengan mengatakan mengapa dia tidak memanfaatkan semua pengalamannya dalam mengasuh anaknya di tahun-tahun pertama.

Kate dan William pun nampak merespons semua kritik tersebut melalu sebuah unggahan di akun Twitter resmi mereka, diawali dengan ucapan terima kasih pada masyarakat atas dukungannya dalam Platinum Jubilee.

Namun, keduanya mengakhiri utas berisi tiga cuitan itu dengan sebuah kalimat berbunyi:

"Kami semua sangat menikmatinya, terutama Louis... "

Kalimat itu diikuti oleh sebuah emoji yang menunjukkan sepasang mata yang melirik ke satu sisi.

Sementara itu dalam sebuah pesan yang dirilis oleh Kate bersama penelitian yang diterbitkan oleh Royal Foundation Centre For Early Childhood pada Kamis (16/6/2022) lalu, Kate menyebutkan bahwa pengalaman seseorang di masa kecil akan berdampak pada hidup seseorang setelah dewasa.

"Pengalaman kita di masa kanak-kanak akan mempengaruhi seluruh hidup kita ke depannya dan menjadi dasar bagaimana kita harus berkembang sebagai individu, dengan satu sama lain, sebagai komunitas dan sebagai masyarakat,” tulis Kate.

Kate melanjutkan bahwa temuan tersebut memberi pihaknya peluang besar untuk mengangkat masalah terkait ke dalam semua agendanya dan mengatakan bahwa setiap lapisan masyarakat berperan dalam hal ini, baik dengan cara terlibat langsung dengan anak-anak atau tidak.

"Jika kita bersatu untuk meningkatkan pentingnya perkembangan anak usia dini, kita akan segera melihat bahwa individu yang sehat dan bahagia menciptakan dunia yang lebih sehat dan bahagia. Itulah sebabnya setiap detik yang kita habiskan bersama seorang anak, adalah investasi di masa depan kolektif kita,” lanjutnya menyimpulkan.

Perlu diketahui, penelitian yang dilakukan Kate bersama Ipsos tersebut menemukan bahwa tujuh dari 10 warga Inggris menganggap tahun-tahun awal pertumbuhan seharusnya menjadi prioritas masyarakat.

Namun, orangtua saat ini cenderung lebih ingin mencari bantuan untuk meningkatkan kesehatan fisik anak-anaknya, bukan perkembangan sosial dan emosionalnya.

Untuk itu, pusat penanganan ini berfokus pada tiga area kunci dalam perkembangan usia dini, termasuk mempromosikan dan melaksanakan penelitian serta berkolaborasi lintas sektor swasta dan publik untuk menemukan solusi atas masalah yang teridentifikasi.

Membuat kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengembangan anak di usia dini juga termasuk ke dalam salah satunya.

Unuk mencapai tujuan itu dan membahas temuan dari penelitian terbaru organisasi tersebut, Kate dilaporkan akan menjadi tuan rumah untuk diskusi meja bundar di Istana Kensington dengan perwakilan dari pemerintah, termasuk Menteri Luar Negeri untuk Kesehatan Inggris Sajid Javid dan Menteri Keluarga Will Quince.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/21/084346720/dikritik-soal-pola-asuh-begini-tanggapan-kate-middleton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke