Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral di TikTok Minuman Cuka dan Air Soda, Alternatif Cola yang Sehat?

KOMPAS.com - Ada tren minuman baru yang lagi viral di TikTok. Minuman itu terbuat dari campuran cuka atau balsamic vinegar dan air soda.

Amanda Jones, pengguna TikTok pertama yang mengunggah minuman tersebut memang sengaja bikin konten itu karena terinspirasi dari resep yang diberikan pelatih pilates-nya.

Dia mengatakan kalau perpaduan cuka balsamik dan air soda rasanya seperti Coke (kola) dan bisa menjadi alternatif kola yang sehat karena rendah gula. 

Bahkan tagar "Healthy Coke" tersebut sudah dilihat 40,8 juta kali.

Di video itu, Amanda menggunakan balsamic vinegar seperempat gelas yang dicampur air soda rasa jambu biji dan es batu. Lebih dari takaran itu, kata dia, rasanya akan pahit.

Sedangkan untuk air sodanya tidak ada patokan khusus. Para pengguna bebas bereksperimen dengan air soda rasa apa pun yang disukai.

Menanggapi minuman yang sedang viral di TikTok itu, sejumlah ahli kesehatan pun menyoroti beberapa efek samping pada akibat mengonsumsi campuran cuka dan air soda.

Balsamic vinegar adalah cuka dengan cita rasa khas yang berasal dari Italia dan dibuat dengan sari anggur.

Rhonda Kalasho, seorang dokter gigi yang berbasis di Los Angeles mengatakan, cuka balsamik itu mengandung asam asetat dengan tingkat keasaman pH sekitar 2-3.

Ketika terlalu sering mengonsumsi minuman seperti itu, jelas dampaknya bisa merusak kesehatan gigi.

"Alasan mengapa gigi berlubang karena terdapat lingkungan asam yang diciptakan bakteri di mulut yang memecah karbobidrat dan gula," kata Kalasho, seperti dilansir Fox News, Selasa (21/6/2022).

Selain balsamik-nya sudah bersifat asam, minuman berkarbonasi seperti air soda juga lebih asam.

Perpaduan dua cairan itu bisa berpotensi menciptakan lingkungan asam di mulut.

"Keasaman itu melemahkan enamel sehingga gigi rentan berubah warna, kerusakan gigi dan keropos," kata dia.

Kalasho menyarankan setelah menyeruput minuman ini, lebih baik kita minum air alkali untuk menyeimbangkan tingkat pH di mulut.

Dalam resepnya, kebanyakan pengguna TikTok memadukan hampir setengah gelas cuka balsamik yang kemudian ditambahkan air soda. Takaran cuka yang seperti itu dapat dikatakan berlebihan.

Patricia Kolesa, ahli diet dari New Jersey mengatakan, berlebihan konsumsi cuka dapat mengganggu sistem pencernaan.

"Orang harus khawatir soal keasaman ketika dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi pada orang dengan riwayat tertentu seperti Gerd, gastrisis dan penyakit lain," kata dia.

Pada beberapa kasus, kebanyakan minum cuka dapat berisiko mengiritasi usus besar hingga menimbulkan penyakit maag.

Mungkin tagar #healthycoke masih relate dengan minuman tersebut, karena kandungan gulanya sudah pasti lebih rendah daripada Coke yang ada di pasaran.

Dalam satu kaleng minuman cola mengandung 12 ons atau sekitar 7,75 sendok teh gula.

Minuman berbasis cuka dan air soda bisa menjadi alternatif yang sehat untuk menghindari konsumsi gula berlebih.

Namun, mengingat paduan dari air soda dan cuka bersifat asam, ahli gizi tidak merekomendasikannya untuk dikonsumsi setiap hari.

"Paling tidak dikonsumsi satu kali dalam seminggu," papar Shyamala Vishnumohan, seorang ahli gizi di One to One Thousand Nutrition Consulting di Perth, Australia.

Menurut Syamala, dalam mencari minuman sehat, bukan berarti kita beralih ke minuman rendah gula yang punya risiko mengganggu kesehatan.

Konsumsi minuman yang bersifat asam perlu dijeda agar tubuh terbiasa mencerna kandungan asam tersebut.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/21/130000320/viral-di-tiktok-minuman-cuka-dan-air-soda-alternatif-cola-yang-sehat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke