Salin Artikel

Cerita Asosiasi Artisan Teh Indonesia Curi Perhatian Generasi Muda

KOMPAS.com - Teh merupakan salah satu minuman yang telah eksis di Indonesia sejak lama, memikat para penggemar dengan rasa dan aromanya.

Sayangnya, popularitas teh di Indonesia mungkin tidak sepopuler kopi, terutama di kalangan generasi muda, seperti gen-Z dan gen-X.

Untuk itu, tentu diperlukan inovasi dan racikan yang menarik hati anak muda, sehingga teh tertap eksis ke depannya.

Nah, Asosiasi Artisan Teh Indonesia (ARTI) punya cara sendiri untuk melakukannya.

“Kita punya target utama gimana caranya biar teh ini menarik bagi milenial, gen-Z, dan gen-X. Makanya kita adain testing dengan gelas wine, kita bikin inovasi tea-wine, kombucha, supaya menarik bagi teman-teman kita yang masih muda.”

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal ARTI Rony Wijaya saat ditemui dalam acara launching Asosiasi Artisan Teh Indonesia di Sudirman Grand Ballroom, Jalan Sudirman, Kota Bandung, Senin (28/6/2022)

Menurut Rony, generasi muda merupakan kunci untuk mempertahankan keeksisan teh di Indonesia, sehingga hal itulah yang menjadi tujuan utama dibentuknya asosiasi ini.

Rony menambahkan, saat ini sudah ada beberapa brand teh artisan dari berbagai daerah di Indonesia yang tergabung dalam ARTI, meski jumlahnya belum bisa dibilang banyak.

“Kami lebih mementingkan quality daripada value,” ujarnya.

Lalu bicara soal inspirasi produk dan inovasinya dalam penyajian teh, Rony mengatakan itu berhubungan dengan makna dari kata “artisan.”

Menurut dia, artisan memiliki makna orang yang bukan hanya menghasilkan produk , namun juga karya yang memiliki dampak positif pada berbagai hal, seperti dalam masalah sosial.

“Jadi untuk inspirasinya bisa datang dari mana saja. Seperti misalnya teh yang dinikmati saat berkumpul itu dinamakan ‘Cakrawala’ karena dibuat khusus untuk diskusi, jadi membuka cakrawala dan pikiran semua orang yang terlibat di dalamnya,” ujar Rony.

“Jadi begitu, setiap teh itu punya makna, punya cerita, punya tujuan,” lanjutnya.

Lalu soal minum teh dalam cangkir wine, Rony mengatakan bahwa inspirasinya didapatkan secara kebetulan, tepatnya saat dia berkunjung ke suatu kafe dan mendapati bahwa meminum teh dari gelas berbeda akan menghasilkan rasa berbeda-beda.

Ronny pun menganggap hal itu menarik, berpotensi melekat dalam ingatan, dan cocok dengan tujuan ARTI yang ingin membuat teh menarik bagi generasi muda, sehingga mengadopsi metode itu.

Mengakhiri ceritanya, Rony mengatakan bahwa pihaknya akan terus berinovasi untuk mengedukasi dan mencari metode ngeteh yang menarik perhatian generasi muda.

Selain itu, Rony pun mengajak generasi muda Indonesia untuk terus mempertahankan eksistensi teh Indonesia.

“Kita milenial, gen-Z, gen-X yang memegang tongkat untuk masa depan teh Indonesia. Mau itu teh ataupun kopi, jadi let’s learn something new, and get connected with people, dan gali terus dunia yang seru ini,” pungkasnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/29/053500520/cerita-asosiasi-artisan-teh-indonesia-curi-perhatian-generasi-muda

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.