Salin Artikel

Memaknai Definisi Cantik yang Sebenarnya

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Sebagai wanita yang hidup di tengah lingkungan dengan standar kecantikan tertentu, kita harus berjibaku melawan standar kecantikan tersebut. Dalam arti membuktikan bahwa tidak sesuai standar kecantikan secara penampilan pun, kita bisa percaya diri dengan kecantikan apa adanya.

Merasa cantik dan percaya diri pada setiap kesempatan tentu menjadi impian banyak orang. Sayangnya, rasa percaya diri ini terkadang tidak datang begitu saja. Padahal, menjadi cantik perlu rasa percaya diri untuk bersinar dan menerima apa pun yang ada pada diri kita.

Makna cantik diartikan juga oleh beberapa artis ternama seperti Asmara Abigail, Pevita Pearce, dan Ariel Tatum. Kisahnya bisa kamu dengarkan melalui siniar Semua Bisa Cantik bertajuk “Makna Cantik yang Sebenarnya bagi Perempuan”.

Cantik bukan sebatas fisik, tetapi energi yang dikeluarkan dan dirasakan sekelilingnya. Mencintai diri seutuhnya, serta menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada dalam diri, merupakan salah satu cara agar wanita bisa memaknai arti cantik yang sesungguhnya.

Selain itu, rasa percaya diri yang dimiliki perempuan akan sepenuhnya membentuk sebuah pemahaman atas nilai diri. Dari sana muncullah pondasi diri untuk menjadi cantik versi dirinya masing-masing.

Dilansir PsychCentral, berikut cara membangun rasa percaya diri yang bisa Anda lakukan.

Tanggung jawab pada Diri Sendiri

Modal awal untuk memiliki kepercayaan diri adalah dengan tanggung jawab pada diri sendiri. Teruslah untuk mencoba hal baru dengan catatan tetap bertanggung jawab kepada diri sendiri. Hal ini karena jika hidup hanya menunggu sebuah keberuntungan, maka akan membuang waktu.

Sadarilah bahwa kepercayaan diri merupakan jalan yang harus ditempuh. Tidak ada orang lain yang dapat melakukannya selain diri sendiri.

Buatlah Sebuah Rencana dan Lakukanlah

Rencanakanlah suatu hal untuk mengembangkan diri, baik dalam ranah personal atau profesional. Tentukanlah langkah yang harus diambil untuk mencapainya, lalu buatlah target waktunya.

Implementasikan setiap langkah tersebut sesuai rencana. Setiap langkah kecil yang diambil dapat menjadi dorongan besar untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Konsisten dalam Menjalaninya

Saat menerima tantangan baru, lakukan secara konsisten. Kepercayaan diri tidak datang dari setiap hal. Jika benar, satu upaya yang gagal akan membawa kita kembali ke titik nol pada skala kepercayaan.

Keyakinan sejati berkembang karena keyakinan untuk mengandalkan diri sendiri dalam mengambil tindakan dan menindaklanjuti hasilnya.

Tak dapat dimungkiri jika kehidupan sosial yang membentuk sebuah stigma bahwa wanita cantik haruslah ia yang memiliki tubuh langsing, akan membuat sebagian wanita lainnya merasa kecil hati dan tidak memiliki kepercayaan diri seutuhnya.

Padahal, setiap wanita pasti memiliki sisi uniknya tersendiri yang membuat dirinya menjadi cantik dengan versinya masing-masing. Tubuh kita menjadi representasi untuk memancarkan pengalaman dan pencapaian yang diraih.

Tidak ada budaya atau konsep tertentu yang mendefinisikan arti kecantikan sesungguhnya. Kekuatan dan pengalaman hidup yang telah kita lewatilah yang menjadi bekal bagi setiap wanita untuk merasa cantik dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Seperti yang dikatakan Marion Jola, kita tidak dilahirkan untuk menjadi sempurna. Bukan tugas kita untuk memenuhi ekspektasi orang lain.

Berdamai dengan kekurangan yang dimiliki dan fokus memanfaatkan kelebihan yang ada, akan membuat hidup lebih bermakna.

Apa pun warna kulit, gaya rambut, dan bentuk tubuhmu, saatnya kamu mencintai dirimu sendiri dan tularkan energi positif yang dimiliki untuk sekitar. Kini, saatnya kamu memaknai cantik versi dirimu sendiri.

Topik seputar para perempuan Indonesia dengan berbagai latar belakang dalam merangkul serta mendefinisikan kecantikannya, tayang tiap hari Kamis melalui siniar Semua Bisa Cantik.

Episode “Makna Cantik yang Sebenarnya bagi Perempuan” juga bisa kamu dengarkan melalui tautan berikut https://dik.si/sbc_maknacantik.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/30/083313420/memaknai-definisi-cantik-yang-sebenarnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.