Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Manfaat Tak Terduga dari Mengunyah Permen Karet

Tapi, tahukah bahwa mengunyah permen karet ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan yang belum pernah kita ketahui sebelumnya?

Seorang ahli gizi dan kesehatan, Lauren Manaker, MS, RDN, LDN, pun menjelaskan apa saja manfaat permen karet bagi kesehatan, seperti dikutip dari laman Eat This, berikut ini.

1. Mengurangi risiko gigi berlubang

Biasanya, permen karet mengandung banyak gula dalam satu batang. Namun, beralih ke pilihan permen karet tanpa gula dapat membantu.

"Jika kita mengunyah permen karet tanpa gula, ada bukti yang menunjukkan bahwa tindakan ini dapat membantu mengurangi risiko gigi berlubang saat mengunyahnya setelah makan untuk jangka waktu tertentu," kata Manaker.

"Mengunyah juga dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat membersihkan penyebab potensial dan mengekspos gigi ke lebih banyak kalsium untuk menghasilkan gigi yang lebih kuat," jelas dia.

2. Mengalami lebih sedikit infeksi telinga

"Untuk anak-anak yang rentan terkena infeksi telinga, mengunyah permen karet dengan xylitol dapat membantu mengurangi risiko mengalami kondisi yang menyakitkan ini," ujar Manaker.

Bagi yang belum tahu, xylitol sendiri adalah gula alkohol alami yang biasanya ditemukan pada tanaman, termasuk banyak buah dan sayuran.

Rasa manisnya sering digunakan sebagai pengganti gula. Itulah sebabnya, kita bisa menemukannya di permen bebas gula seperti permen karet.

Selain itu, xylitol juga dapat bertindak melawan beberapa bakteri yang menyebabkan infeksi telinga, serta mengurangi tingkat bakteri penyebab pembusukan dalam air liur.

3. Dapat merangsang gerakan usus

Menurut Manaker, buang air besar mungkin menjadi lebih stabil jika kita mengunyah permen karet setelah operasi.

"Jika kita menjalani operasi gastrointestinal (GI) atau operasi yang melibatkan area tubuh itu (seperti bagian C), fungsi usus akan kembali lebih cepat jika kita mengunyah permen karet tanpa gula beberapa kali sehari setelah operasi," terangnya.

4. Berkurangnya ngidam sesuatu yang manis

Jika kita selalu mencari sesuatu yang manis, apakah itu setelah makan atau sebagai camilan tengah hari, permen karet bisa menjadi solusi untuk keinginan kita tersebut.

"Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat memuaskan rasa manis dan dapat membantu orang menekan nafsu makan," kata Manaker.

"Pada akhirnya permen karet juga membantu mereka mengatur berat badan," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/01/074344920/4-manfaat-tak-terduga-dari-mengunyah-permen-karet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke