Salin Artikel

5 Protein "Juara", Baik untuk Santapan Harian

Meski begitu, tidak semua protein diciptakan sama, sehingga kita perlu menambahkan protein yang berkualitas ke dalam rutinitas makan.

Langkah ini berguna untuk bisa menurunkan berat badan secara efektif, menjadi lebih kuat, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

"Misalnya, potongan daging berlemak memang mengandung protein, tetapi juga dikemas dengan lemak jenuh, natrium, dan komponen tidak sehat lainnya yang menyumbat arteri," kata ahli diet, Lyssie Lakatos, RD, CDN.

"Ini tidak hanya menyingkirkan beberapa protein yang ditemukan dalam produk hewani, tetapi juga berdampak negatif bagi kesehatan."

"Untuk itu, kita harus memilih protein hewani dengan kualitas terbaik yang dapat memberikan nutrisi bermanfaat tanpa faktor negatif ini," sambung dia.

Baik protein hewani maupun nabati mengandung sembilan asam amino yang disebut "esensial".

Sebutan esensial muncul karena kandungan di dalamnya sangat penting untuk membangun protein, hormon, dan neurotransmiter yang semuanya berasal dari makanan.

Namun, tidak semuanya pun mengandung sembilan asam amino yang penting ini.

Sehingga, kita harus tetap memilih makanan mana saja yang mengandung nutrisi ini dan vitamin lainnya yang baik bagi tubuh.

Nah, berikut ini adalah lima protein "juara" alias berkualitas tinggi yang baik untuk disantap setiap hari, seperti dikutip dari laman Eat This Not That.

1. Telur

"Telur selalu disebut sebagai protein terbaik karena memiliki asam amino yang paling banyak tersedia secara hayati," ungkap ahli diet, Julie Upton, MS, RD, CSSD.

Telur juga mendapat nilai biologis 100 sebagai ukuran seberapa efisien tubuh menggunakan protein yang diasup dalam makanan.

Daging sapi, sebagai perbandingan, hanya mendapatkan skor 80. Sementara protein whey mendapat skor lebih tinggi dengan nilai biologis 104.

"Makanan susu rendah lemak, makanan laut, dan unggas tanpa lemak adalah protein berkualitas tinggi lainnya," ujar Upton.

2. Dada ayam tanpa kulit

Dada ayam tanpa kulit sangat ideal untuk membangun dan memperbaiki jaringan, serta mempertahankan otot tanpa lemak karena makanan ini secara alami rendah lemak jenuh dan natrium.

Menurut ahli nutrisi, Tammy Lakatos Shames, RD, CDN, CFT, dada ayam tanpa lemak adalah sumber vitamin B yang baik dan penting untuk sintesis DNA.

Makanan ini juga dapat memproduksi energi dan baik untuk kesehatan otak maupun mengandung selenium antioksidan yang penting untuk kekebalan tubuh dan kesehatan tiroid.

"Penelitian telah menunjukkan selenium dapat menjanjikan kekebalan terhadap kanker," tambah dia.

3. Salmon

Ikan berlemak ini adalah sumber protein berkualitas tinggi karena dikemas dengan protein dan secara alami rendah sodium dan lemak jenuh.

"Salmon juga menjadi sumber yang sangat baik lemak omega-3, sejenis lemak yang memberikan anti-inflamasi dan sangat baik untuk jantung."

Demikian dikatakan Tammy dan Lyssie Lakatos dari The Nutrition Twins.

"Salmon dapat memberikan manfaat penurunan berat badan karena penelitian telah menunjukkan ikan ini dapat membantu menurunkan kadar insulin puasa."

4. Tahu

Terbuat dari kedelai yang direndam, digiling dan dihancurkan, tahu adalah protein lengkap yang mengandung sembilan asam amino esensial dan mengemas hingga 10 gram protein.

Tahu juga diketahui sebagai sumber zat besi dan kalsium yang sangat baik, serta kaya akan isoflavon yang tampaknya membantu melindungi dari penyakit jantung, osteoporosis, dan beberapa jenis kanker.

5. Lentil

Meski kekurangan asam amino esensial sistein dan metionin, namun kita tetap bisa memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari.

Sebab, lentul adalah sumber protein nabati yang luar biasa.

Satu cangkirnya menyediakan sekitar 18 gram protein dan 15 gram serat penurun kolesterol, hampir sepertiga dari kebutuhan serat harian

"Lentil dikemas dengan procyanidin dan flavanols, yang merupakan antioksidan kuat dengan efek anti-inflamasi dan neuroprotektif," kata Tammy.

Jadi, pastikan untuk makan berbagai protein nabati sehingga kita dapat memasok tubuh dengan semua amino esensial yang dibutuhkan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/01/125420320/5-protein-juara-baik-untuk-santapan-harian

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.