Salin Artikel

Komedo Hitam Viral di Twitter, Bagaimana Cara Mengatasinya?

KOMPAS.com - Cara mengatasi blackheads atau komedo hitam viral di Twitter baru-baru ini.

Keluhan permasalahan kulit itu berawal dari unggahan @ohmybeautybank yang memperlihatkan curhatan seorang pengguna Twitter yang merasa bingung, cara mengatasi komedo hitam sambil mengunggah foto hidung yang penuh dengan komedo yang dia alami.

"Ini cara ngilanginnya gimana ya? Aku risih lihatnya, makasih sebelumnya," tulisnya.

Unggahan tersebut mendapatkan 26,5 ribu Likes dari pengguna Twitter lain, dan sekitar 3.360 komentar netizen yang juga memberikan saran menghilangkan komedo.

Melansir Cosmopolitan, munculnya komedo hitam disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, minyak di wajah hingga sel kulit mati.

Alasan komedo itu terlihat hitam karena semua minyak di dalam pori-porti tersebut menjadi teroksidasi dan bukanlah kotoran.

Berbeda dengan komedo putih yang biasa disebut whiteheads. Kondisi itu terjadi akibat penyumbatan kotoran dan minyak, namun belum teroksidasi, sehingga muncul pustula kecil.

Dr Anjali Mahto, dokter kulit dari Klinik Cadogan London mengatakan ada banyak cara untuk mengatasi komedo hitam.

Namun, permasalahan akarnya perlu dituntaskan lebih dahulu, yaitu minyak berlebih pada wajah.

"Perawatan apa pun yang dilakukan, komedo akan selalu muncul kembali secara alami setiap 20 hingga 40 hari," katanya.

Mengatasi komedo diperlukan konsistensi berkelanjutan, yang artinya tidak hanya dilakukan sekali, lalu masalah komedo langsung beres setelahnya.

Berikut beberapa cara mengatasi komedo yang disarankan oleh Dr Anjali.

1. Rutin lakukan eksfoliasi

Cara paling sederhana adalah rutin melakukan eksfoliasi kulit. Pengelupasan ini dapat menghilangkan tumpukkan sel kulit mati di kulit.

Secara tidak langsung, aktivitas ini dapat menghilangkan sisa-sisa kotoran, riasan atau make up dan sel kulit mati yang tidak tersapu oleh sabun muka dan air.

"Eksfoliasi bisa dilakukan dengan menggosok permukaan kulit dengan sikat pembersih wajah atau dengan kimiawi," paparnya.

Namun dalam melakukan eksfoliasi perlu diperhatikan kandungannya, terlebih jika menggunakan perawatan wajah berbahan kimia untuk mencegah iritasi dan peradangan.

2. Menggunakan clay mask

Menggunakan clay mask jika memiliki kulit berjerawat seminggu sekali cukup membantu.

Masker jenis ini dapat berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan mengurangi produksi minyak berlebih.

3. Ganti produk perawatan kulit

Jika sedang berusaha mengatasi komedo hitam, lebih baik perhatikan lagi soal jenis perawatan kulit yang dipakai.

Ahli kecantikan menyarankan untuk tidak menggunakan produk perawatan bahkan make up yang bisa menyumbat pori, alias komedogenik.

"Minyak kelapa misalnya, sangat komedogenik. Jadi saya merekomendasikan ke pemakainya jika mereka rentan terhadap masalah jerawat dan komedo," kata Dr. Anjali.

Hindari beberapa produk yang teksturnya berupa krim kental, dan kandungan minyak alami, seperti shea butter atau gliserin atau bahan apa pun yang fungsinya melembapkan kulit, karena berpotensi menyumbat pori-pori.

Sebaiknya cari produk dengan formula ringan dari bahan-bahan seperti salisilat, benzoil peroksida, witch hazel dan niacinamide.

4. Rutin facial

Facial di klinik kecantikan atau salon cukup ampuh dalam menghilangkan komedo dengan cara yang tepat.

Biasanya, mereka akan menggunakan metode penguapan wajah yang bisa membuka pori-pori dan menghilangkan komedo, kemudian diakhiri dengan penggunaan masker wajah.

"Ini harus dilakukan oleh ahlinya. Karena jika sembarangan memencet wajah bisa berdampak pada iritasi dan peradangan," papar dia.

5. Konsultasi dokter spesialis kulit

Jika beberapa cara sudah dilakukan gagal, tak ada salahnya konsultasi ke dokter spesialis kulit untuk mengatasi blackheads.

"Komedo biasanya menjadi salah satu tanda awal dari jerawat, sehingga masalah itu mungkin bisa berkembang menjadi masalah lain."

"Datang ke dokter kulit bisa membantu mengatasi permasalahan komedo dari dalam seperti akan diresepkan obat-obatan tertentu atau krim topikal lainnya," pungkasnya.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/05/060600020/komedo-hitam-viral-di-twitter-bagaimana-cara-mengatasinya-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.