Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sydney Harbour Bridge pada Kreasi Anyar Jam Tangan Mido

KOMPAS.com - Tahukah kamu apa kesamaan antara Harbour Bridge di Sydney dengan koleksi Multifort keluaran pembuat jam Mido?

Jawabannya, kedua hal itu sama-sama diungkap ke publik untuk pertama kalinya pada tahun 1930-an.

Harbour Bridge adalah jembatan melengkung yang dibuka resmi oleh Pemerintah Australia pada tahun 1932.

Selain berfungsi menghubungkan Sydney Barat dan Sydney Selatan, jembatan ini juga menjadi salah satu ikon wisata di Australia yang memikat baik turis lokal maupun mancanegara.

Di sisi lain, peluncuran lini Multifort pada sekitar tahun 1934 menandai pencapaian baru dalam sejarah pembuatan jam tangan Mido.

Multifort merupakan salah satu pelopor jam tangan antimagnetik dengan mesin pemuntir otomatis yang tahan air dan tahan goncangan.

Bahkan, Multifort bisa dibilang sebagai karya terlaris Mido dari era 1930-an hingga 1950-an.

Demi menghormati Harbour Bridge dan koleksi bersejarah perusahaan, pembuat jam Swiss yang dinaungi Swatch Group itu mengusung kreasi baru di pertengahan tahun ini.

Bertajuk Multifort Skeleton Vertigo, koleksi ini terinspirasi dari arsitektur jembatan melengkung di Sydney.

Elemen desain Harbour Bridge "dituangkan" Mido dalam pola garis vertikal Cotes de Geneve bernuansa antrasit pada permukaan dial.

Berbagai komponen, mulai dari jarum jam dan menit hingga penanda jam (hour marker) dilapisi material Super-Luminova putih untuk kemudahan membaca waktu di tempat gelap.

Karena bagian tengah dial dibuat terbuka, gerakan mesin jam otomatis Mido 80 dapat disaksikan dengan jelas.

Tidak hanya memberikan cadangan daya selama 80 jam, mesin itu dilengkapi komponen hairspring Nivachron.

Hairspring Nivachron diklaim membuat arloji lebih akurat dengan mengurangi efek medan magnet, sekaligus tahan terhadap guncangan dan keausan serta tahan air hingga 100 meter.

"Jadi, salah satu key feature balance spring-nya itu bernama Nivachron yang sifatnya antimagnet," ungkap Vice President Mido Indonesia, Steven Cheng dalam acara gathering di Bali, Jumat (24/6/2022)..

"Karena apabila balance spring terkena pengaruh magnet, itu akan membuatnya menjadi lebih pendek dan detak jam pun berjalan cepat atau tidak akurat," jelas dia.

Gerakan mesin jam dapat disaksikan dari kedua sisi, karena Mido memberikan kaca kristal safir di bagian cangkang belakang.

Multifort Skeleton Vertigo "dibungkus" oleh cangkang baja tahan karat berdiameter 42 milimeter, tali rantai, dan gesper lipat (folding clasp).

Mido menawarkan Multifort Skeleton Vertigo seharga 1.200 dollar AS atau lebih kurang Rp 18 juta.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/05/084847720/sydney-harbour-bridge-pada-kreasi-anyar-jam-tangan-mido

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke