Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ferrari 410 Sport Spider Klasik Dilelang Bulan Depan

KOMPAS.com - Salah satu supercar Ferrari yang sempat merajai lintasan balap di tahun 1950-an akan dilelang di rumah lelang RM Sotheby's.

Mobil yang dimaksud adalah Ferrari 410 Sport Spider rilisan 1955, yang memiliki kapasitas mesin 4,9 liter berkonfigurasi V-12.

Ferrari 410 Sport Spider pernah dikemudikan pembalap Formula 1 legendaris asal Argentina, Juan Manuel Fangio.

Sang pembalap memulai debutnya mengendarai 410 Sport Spider ini dalam balapan 1000 kilometer di Buenos Aires pada tahun 1956.

Supercar tersebut kemudian dibeli oleh pria bernama John Edgar untuk dikendarai Carroll Shelby bersama Tim Edgar selama musim balapan 1956 dan 1957.

Sejak saat itu, Shelby lebih banyak memenangi balapan dengan menggunakan 410 Sport Spider ketimbang mobil lain dalam kariernya.

Mobil balap dengan warna merah yang ikonik itu adalah satu dari sedikit mobil mewah Ferrari yang dirancang dan dibangun Sergio Scaglietti.

Menariknya, pada area tangki 410 Sport Spider terdapat tulisan dari Shebly berbunyi "Mr Ferrari told me that this was the best Ferrari he ever built."

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya lebih kurang adalah "Mr. Ferrari mengatakan kepada saya bahwa ini adalah Ferrari terbaik yang pernah dia buat."

Tidak hanya Fangio dan Shelby, mobil ini juga pernah dikendarai oleh sederet pembalap legendaris termasuk Phil Hill, Eugenio Castellotti, Masten Gregory, Richie Ginther, Joakim Bonnier, Bruce Kessler, Jim Rathmann dan Chuck Daigh.

Ferrari 410 Sport Spider menyudahi "masa tugasnya" alias pensiun dari lintasan balap pada 1960-an.

Dijadwalkan, supercar ini akan dilelang di Monterey, California, AS pada Agustus mendatang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/06/050500320/ferrari-410-sport-spider-klasik-dilelang-bulan-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke