Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman Hias Tahan Lembap yang Tumbuh dengan Baik di Kamar Mandi

KOMPAS.com - Tak hanya membuat rumah makin asri, tanaman hidup juga dapat menjadi cara mudah untuk membuat kamar mandi kita terasa lebih menenangkan.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa tak semua tanaman hias dapat tumbuh subur dan bertahan lama di kamar mandi yang sangat lembap.

Nah, untuk mengetahui tanaman apa saja yang dapat tumbuh subur di tempat lembap, berikut jawaban dari beberapa ahli tanaman, seperti dilansir dari Real Simple.

Bird's Nest Fern

"Berasal dari kawasan Asia Tenggara dan Polinesia, bird’s nest fern menyukai kelembapan ekstra yang disediakan kamar mandi," kata pakar tanaman Erin dari The Sill.

Sementara itu, pendiri Greenery NYC Rebecca Bullene mengatakan bahwa kelembapan tinggi itu dapat mendorong pertumbuhan tumbuhan dan membuat tepi daun tidak terlalu menguning.

Bird’s nest fern ini juga sedikit berbeda dengan jenis pakis lain yang umumnya lebih menyukai cahaya terang.

Pasalnya, tanaman ini cenderung dapat mentolerir ruang dengan cahaya rendah, sehingga ideal untuk kamar mandi yang tidak dibanjiri sinar matahari.

Alocasia

Namun, berhati-hatilah untuk tidak meletakkan tanaman berdaun ini terlalu dekat dengan ambang jendela. Pasalnya, daunnya rentan terbakar sinar matahari.

Staghorn Fern

Kendati demikian, tanaman yang juga disebut simbar menjangan ini menyukai cahaya, sehingga perlu diletakkan di ruangan yang lebih cerah.

Lalu, stargforn fern ini adalah tanaman epifit yang biasa hidup di pohon. Jadi, kita bisa menempatkan tanaman ini di kayu dan menggantungnya di dinding kamar mandi atau meletakkannya dalam pot di ambang jendela.

Pothos

Bahkan faktanya, Erin mengatakan bahwa pothos kerap disebut sebagai "tanaman kubik" karena alasan di atas.

Pothos juga sebenarnya tidak selalu membutuhkan kelembaban tinggi di kamar mandi dan akan mentolerir kondisinya.

Plus, pothos dapat bertahan pada tingkat cahaya yang lebih rendah dan penyiraman yang tidak teratur.

Nah, karena tanaman yang tumbuh cepat ini bisa tumbuh subur sebagai hanging vine, sebaiknya letakkan di rak tinggi atau gantungkan dari batang tirai kamar mandi untuk memberikan nuansa bak di hutan.

Air Plant

Namun perlu diingat, tempat tumbuh terbaik bagi air plant adalah tempat dengan cahaya terang dan tidak langsung.

"Jika Anda memiliki kamar mandi dengan jendela besar yang cerah, tanaman ini cocok untuk Anda," kata The Sill.

Lidah buaya

"Bagian dalam daun tanaman lidah buaya yang lengket dapat digunakan untuk menenangkan kulit, menyembuhkan luka bakar ringan, mengurangi gatal, dan masih banyak lagi," jelas The Sill.

Untuk mendapatkan manfaatnya, iris lidah buaya dewasa di pangkalnya, lalu peras getah bagian dalamnya dan oleskan ke kulit.

Kita hanya perlu menempatkan tanaman ini di dekat jendela, karena lidah buaya menyukai cahaya langsung yang terang.

Calathea

"Jika Anda ingin membawa percikan warna dan keanggunan ke kamar mandi, calatheas adalah yang terbaik," kata Bullene.

Namun jika kamar mandi kita tidak mendapatkan banyak cahaya alami, The Sill merekomendasikan untuk memilih varietas yang disebut calathea "Freddie".

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/21/082230520/7-tanaman-hias-tahan-lembap-yang-tumbuh-dengan-baik-di-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke