Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ragam Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan, Cek!

Bubuk satu ini tidak hanya dipakai mengembangkan adonan kue, tetapi juga bermanfaat untuk banyak kebutuhan lainnya.

Umumnya, baking soda dipakai sebagai trik untuk membersihkan rumah atau perlengkapan tertentu.

Namun tak banyak yang menyadari jika serbuk murah meriah ini juga baik untuk kesehatan kita lho.

Manfaat baking soda untuk kesehatan

Baking soda dapat menyehatkan tubuh apabila dicampur dengan air putih dan dilarutkan, menurut pelatih pribadi dan spesialis nutrisi kebugaran asal Amerika Serikat, Britt Brandon.

Dalam bukunya yang berjudul Baking Soda for Health, ia menguraikan lima manfaat meminum air yang dicampur baking soda.

1. Memperbaiki sistem pencernaan

Bagi individu yang rentan terhadap gangguan di perut dan ingin memperbaiki kondisi kesehatan, Brandon menganjurkan untuk melarutkan satu sendok teh baking soda dalam segelas air setiap pagi.

"Cara ini untuk membantu menjaga keseimbangan pH yang sehat di seluruh sistem pencernaan untuk pencernaan yang optimal, meminimalkan refluks asam, dan fungsi usus yang sehat," jelasnya.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Sistem kardiovaskular yang terganggu dapat menyebabkan penurunan energi dan berdampak negatif pada fungsi mental, pencernaan, dan kekebalan, ujar Brandon.

"Masalah peredaran darah dapat memicu risiko kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, penyakit pernapasan kronis, dan perkembangan berbagai masalah darah."

Satu sendok teh baking soda dalam segelas air 0.24 liter setiap hari dikatakan dapat memperbaiki aliran darah dengan membantu memecah penyumbatan.

"Dengan mengembalikan pH ke tingkat netral, gas pada tubuh mereda dan proses pencernaan, asam, serta enzim bisa kembali ke keadaan alami dan makanan dapat dipecah secara normal tanpa masalah dan gangguan," tulis dia.

Cara ini diyakini mampu membantu meringankan masalah yang menyebabkan perut kembung.

4. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ vital yang membuang racun dari tubuh dan meningkatkan produksi hormon yang sehat. Itu sebabnya, kesehatan ginjal perlu dijaga.

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Royal London Hospital, sebanyak 134 pasien dengan penyakit ginjal kronis lanjut diminta mengonsumsi baking soda setiap hari selain pengobatan rutin.

Hasilnya, baking soda memperlambat penurunan fungsi ginjal mereka hingga dua pertiga dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi baking soda.

Dijelaskan Brandon, dengan segelas air yang dicampur satu sendok teh baking soda, kita dapat mengelola tingkat pH tubuh. 

Campuran ini juga membantu meningkatkan keseimbangan hormon, penyerapan nutrisi, serta kualitas darah yang baik untuk kesehatan ginjal kita.

5. Melawan refluks asam

Penderita refluks asam kronis bisa mengadopsi perubahan diet tertentu untuk membantu mengurangi heartburn sebagai solusi jangka panjang.

Namun, ketika kita menghadapi refluks asam secara tiba-tiba, campurkan setengah sendok teh baking soda ke dalam air putih untuk melawan gejala asam lambung, tulis Brandon.

Ia mengingatkan agar kita tidak berlebihan dalam mengonsumsi baking soda.

"Sama seperti halnya obat antasida apa pun, jika kita mengonsumsi baking soda terlalu banyak, kita akan menetralkan asam di perut."

"Hal ini dapat menyebabkan perut memproduksi lebih banyak asam untuk mengimbangi kekurangan, menyebabkan kita meminum lebih banyak soda kue dan pada akhirnya menciptakan lingkaran setan," imbuh Brandon.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/21/203000320/ragam-manfaat-baking-soda-untuk-kesehatan-cek-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke