Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakai Sunscreen atau Day Cream Dulu, Ya?

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Memiliki kulit sehat tentu merupakan dambaan bagi wanita. Banyaknya langkah yang harus dilakukan saat melakukan perawatan, tak menjadi halangan untuk mendapatkan kulit yang sehat nan bersinar.

Jangan heran jika saat ini muncul berbagai macam produk skincare dengan kandungan dan kegunaan yang berbeda. Bahkan, ada pula yang memiliki klaim dapat membuat kulit sehat berkilau ala artis Korea.

Oleh sebab itu, banyaknya produk kecantikan yang bermunculan patut menjadi perhatian tersendiri saat menggunakannya.

Siniar Semua Bisa Cantik bersama Stylo dalam episode “Pakai Sunscreen atau Day Cream Dulu, Ya?” akan mengupas rahasia cantik yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada produk perawatan wajah seperti tabir surya (sunscreen) dan krim siang (day cream).

Berbicara mengenai skincare, tentu sudah tak asing dengan kedua produk tersebut. Kedua barang ini menjadi bagian dari rutinitas perawatan yang dilakukan saat pagi hari.

Akan tetapi, masih banyak dari kita yang bingung urutan penggunaannya. Sebenarnya, tabir surya atau krim siang dulu, ya?

Krim Siang

Krim yang digunakan saat pagi atau siang ini merupakan krim yang berfungsi untuk menghidrasi kulit. Melansir Phytomer, krim ini akan menjaga kadar air dalam kulit dan membuat kulit kita menjadi lebih lembut.

Penggunaannya juga bisa menutrisi kulit untuk menghindari kondisi yang tidak nyaman.

Selain bisa menghidrasi dan melindungi kulit, krim siang bisa mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Beberapa krim memiliki kandungan bahan aktif yang bisa membantu menghilangkan noda pada kulit, misalnya antioksidan, antipolusi, dan anti-UV, dan lain-lain.

Penggunaan krim siang juga harus disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Untuk kulit berminyak yang tak terlalu butuh hidrasi setiap hari, pilihlah krim yang bertekstur ringan.

Jika kulit kering, pilihlah krim yang menghidrasi dan menutrisi dengan bahan aktif yang bisa merangsang produksi sebum. Selain itu, kulit sensitif bisa memilih krim siang yang mampu menahan air sehingga bisa melindungi kulit lebih efektif.

Apabila memiliki masalah kulit berupa penuaan, pilihlah krim siang dengan kandungan bahan aktif yang bisa meningkatkan regenerasi sel.

Untuk memaksimalkan efek, oleskan juga krim di bawah dagu dan leher untuk menjaga elastisitas kulit yang cenderung mengendur seiring bertambahnya usia.

Tabir Surya

Melindungi kulit dari sinar matahari merupakan salah satu wujud rasa peduli terhadap diri sendiri. Sebab, tanpa tabir surya, kulit rentan terkena masalah.

Melansir John Hopkins Medicine, tabir surya berfungsi untuk melindungi wajah, leher, tangan, bahkan kaki dari sinar matahari. Untuk penggunaan sehari-hari yang optimal, kita bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 30.

Namun, jika banyak menghabiskan waktu di luar, pilihlah produk dengan SPF 50 atau lebih. Setelah itu, jangan lupa untuk mengaplikasikannya kembali setiap dua jam sekali.

Lalu, Mana yang Lebih Dulu?

Ada banyak pendapat dari ahli mengenai urutan pemakaian keduanya. Peneliti Rumah Sakit Mount Sinai New York, Joshua Zeichner, mengatakan kalau tabir surya harus digunakan lebih dulu. Setelahnya, kita bisa mengaplikasikan krim siang.

Dermatologis, Sejal Shah, juga mengungkapkan bahwa krim siang yang diaplikasikan setelah tabir surya bisa mengurangi manfaatnya. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menggunakannya sesuai urutan.

“Penggunaan day cream secara tipis lalu dilanjutkan dengan sunscreen bisa dilakukan. Hal ini agar day cream tidak terhalang oleh SPF, agar keduanya bisa berfungsi secara maksimal,” ungkap Cery dalam siniar Semua Bisa Cantik.

Dengarkan siniar Semua Bisa Cantik di Spotify, supaya kamu tetap terbarui dengan berbagai cerita dari para perempuan Indonesia mendefisikan kecantikannya. Episode “Pakai Sunscreen atau Day Cream Dulu, Ya?” bisa didengarkan melalui tautan berikut dik.si/sbc_rahasia1.

Ikuti juga siniarnya agar kalian tak tertinggal tiap ada episode terbarunya!

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/26/164041720/pakai-sunscreen-atau-day-cream-dulu-ya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke