Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Segudang Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan Tubuh

KOMPAS.com - Ketika mendengar kata daun sirih, pasti yang terlintas dalam pikiranmu adalah daun yang sering dikunyah orang tua atau digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan.

Sebenarnya, manfaat daun sirih tidak hanya itu lho.

Daun bernama ilmiah Piper betle ini juga menyediakan berbagai manfaat kesehatan karena mengandung vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin dan karoten, serta sumber kalsium yang baik.

Setidaknya, ada 10 kebaikan daun sirih bagi kesehatan tubuh, seperti dikutip laman Net Meds.

1. Analgesik atau bersifat mengurangi rasa sakit

Daun sirih adalah analgesik yang membantu meringankan rasa sakit, bisa digunakan dalam mengurangi rasa sakit akibat luka, memar, dan ruam.

Kita hanya perlu membuat pasta dari daun sirih lembut dan mengoleskan ke area tubuh yang terkena.

Sementara itu, jus daun sirih dapat meredakan nyeri di dalam tubuh.

2. Meringankan sembelit

Daun sirih merupakan antioksidan yang membersihkan radikal bebas dari dalam tubuh dengan menyesuaikan kadar PH normal, serta meringankan sakit perut.

Mereka yang menjalani pengobatan tradisional India, Ayurveda disarankan untuk memakan daun sirih demi menghilangkan sembelit.

Caranya, daun sirih dicacah hingga hancur dan direndam dalam air semalaman.

Minum air daun sirih tersebut di pagi hari saat perut kosong untuk melancarkan buang air besar.

3. Memperbaiki pencernaan

Daun ini direkomendasikan karena mencegah perut kembung dan bersifat membantu melindungi usus.

Daun sirih meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

4. Mengurangi masalah pernapasan

Jika mencari pengobatan alami untuk masalah sistem pernapasan yang berhubungan dengan batuk dan pilek, seperti asma atau penyumbatan paru-paru, atasi dengan daun sirih.

Oleskan sedikit minyak mustard pada daun sirih, kemudian letakkan di dada untuk menyembuhkan penyumbatan paru-paru.

Kita juga bisa merebus beberapa daun sirih dalam air, tambahkan rempah kapulaga, cengkeh dan kayu manis dalam dua gelas air.

Kurangi menjadi satu gelas air, lalu konsumsi ramuan ini dua hingga tiga kali sehari untuk meredakan masalah penyumbatan dan pernapasan.

5. Bersifat antiseptik dan antijamur

Daun sirih memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol, terutama chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman.

Juga, daun sirih digunakan secara luas dalam mengobati radang sendi dan orkitis (peradangan pada testis akibat infeksi bakteri dan virus).

Sifat antijamur dalam daun sirih pun menawarkan bantuan untuk melawan infeksi jamur. Terapkan pasta daun sirih di area tubuh yang terkena untuk membunuh infeksi jamur.

6. Menjaga kesehatan mulut

Secara efektif, daun sirih memerangi sejumlah bakteri di mulut yang memicu bau tidak sedap, masalah gigi berlubang, plak, serta kerusakan gigi.

Mengunyah sedikit pasta daun sirih setelah makan tidak hanya meningkatkan kesehatan usus, melainkan juga melawan bau mulut, meredakan sakit gigi, nyeri gusi, pembengkakan dan infeksi mulut.

7. Meredakan nyeri sendi

Senyawa anti-inflamasi yang ditemukan dalam daun sirih mampu mengurangi ketidaknyamanan dan nyeri pada persendian.

Rendam daun sirih segar dalam air hangat, lalu tempelkan pada tulang dan sendi yang nyeri untuk mengurangi intensitas nyeri, peradangan, serta meredakan gejala radang sendi.

8. Mengelola diabetes

Beberapa studi menunjukkan, bubuk daun sirih berpotensi menurunkan lonjakan gula darah pada pasien diabetes tipe 2.

Daun sirih adalah antioksidan kuat yang membantu memerangi stres oksidatif dan menurunkan peradangan yang disebabkan oleh glukosa darah yang tidak terkontrol dan membantu mengelola diabetes melitus.

9. Mencegah kanker

Daun sirih dikemas dengan senyawa fenolik yang bersifat antioksidan, dan mengandung fitokimia yang bermanfaat melawan kanker.

Namun hati-hati, jika daun ini dikonsumsi bersama tembakau dan biji pinang, kita berisiko mengalami kanker mulut, kanker kerongkongan, dan sejumlah kanker lainnya.

10. Melawan depresi

Daun sirih digunakan selama berabad-abad sebagai obat alami untuk merangsang fungsi sistem saraf pusat.

Kehadiran senyawa fenolik aromatik dalam daun sirih merangsang pelepasan katekolamin yang membantu meningkatkan rasa sejahtera dan memperbaiki suasana hati.

Oleh karena itu, mengunyah daun sirih adalah cara sederhana untuk melawan depresi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/30/083610920/segudang-manfaat-daun-sirih-bagi-kesehatan-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke