Salin Artikel

Yeezy Luncurkan Logo Baru Usai Selesaikan Gugatan Walmart

KOMPAS.com - Tahun lalu, rapper Kanye West harus berurusan dengan Walmart akibat tuduhan penjiplakan logo.

Ya, menurut Walmart, logo baru Yeezy yang berbentuk matahari itu sangat mirip dengan logo milik mereka.

Kendati demikian, rupanya permasalahan antar dua brand besar itu telah selesai.

Dikutip dari Fast Company, juru bicara Walmart mengatakan bahwa masalah tersebut sudah diselesaikan sejak beberapa bulan lalu. Namun, detail terkait persyaratannya tidak dibeberkan ke depan publik.

Di saat yang sama, perusahaan induk Yeezy sendiri telah mengajukan dua aplikasi merek dagang untuk pembuatan logo baru guna menggantikan logo “sunburst” yang digugat Walmart tahun lalu.

Logo tersebut berbentuk sepasang cincin yang nantinya akan digunakan di setiap aksesoris dan pakaian dari brand Yeezy, mulai dari sleepers bayi hingga G-string.

“Logo ini memiliki desain berbentuk dua lingkaran konsentris,” begitu bunyi aplikasi yang diajukan Yeezy.

“Keliling lingkaran luar direpresentasikan oleh garis melingkar bergalur, sementara keliling lingkaran dalam diwakili oleh garis melingkar biasa,” lanjut Yeezy.

Logo baru Yeezy kali ini sebenarnya serupa dengan logo awal yang berbentuk sepasang matahari atau bulan purnama.

Lalu di saat yang sama, logo ini juga berfungsi sebagai sebuah lencana yang akan dipasang pada berbagai jenis produk Yeezy, mirip dengan “gold seal of quality” milik Nintendo yang biasa tercetak dalam kemasan produknya.

Yeezy sendiri telah beberapa kali meluncurkan logo khusus dalam rangka kerjasamanya dengan brand lain, seperti Gap dan Adidas.

Namun di sisi lain, Fast Company mengatakan bahwa Yeezy justru mengabaikan stategi branding tradisional untuk memperbesar brand-nya.

Menurut Fast Company, jika sepatu Nike mudah dikenali berkat swoosh-nya yang ikonik, sepatu-sepatu Yeezy umumnya jarang memasang logo, namun dapat dikenali dengan mudah berkat siluetnya yang nyentrik.

Kendati demikian, Yeezy tetap berkembang.

Itu bisa dilihat dengan Ye yang baru-baru ini menggaet desainer sepatu terkenal Steven Smith sebagai desainer utama untuk lini Donda, membuat desain mobil yang terbuat dari busa, dan membuat toko fisik dari situs jual beli daringnya, YZYSPLY.

Nah, karena Yeezy berencana untuk mengembangkan produk dan pemasarannya, tentu logo itu akan menjadi hal penting.

“Permohonan itu diajukan atas dasar 'niat untuk menggunakan'. Ini berarti bahwa pemilik merek dagang harus memiliki 'niat bonafide' untuk menggunakan merek dagang dengan item yang tercantum dalam aplikasi,” kata pengacara merek dagang Josh Gerben.

“Oleh karena itu, sangat mungkin Kanye sedang mengembangkan rencana untuk segera meluncurkan logo ini,” lanjutnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/01/175415820/yeezy-luncurkan-logo-baru-usai-selesaikan-gugatan-walmart

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.