Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tren Puffer Jacket, Cocok dengan Iklim di Indonesia?

KOMPAS.com - Puffer jacket tengah berkembang di kalangan masyarakat sebagai tren baru dalam berbusana.

Tipikal outwear seperti ini biasanya memiliki lapisan tebal menggelembung dan empuk. Ketika dilihat tampilannya dari luar tampak mirip selimut.

Tak heran jika orang-orang di negara empat musim sering menggunakannya saat musim dingin atau salju tiba.

Tetapi baru-baru ini, tren puffer jacket sendiri banyak digunakan sebagai outfit sehari-hari. Kesan vintage dan klasik pun bisa didapatkan ketika mengenakan puffer style dalam siluet apa pun.

Puffer jacket cukup mudah dipadukan dengan berbagai outfit, termasuk penggunaan celana hingga rok bernuansa klasik.

Mengingat cuaca di Indonesia lembap dan beriklim tropis, apakah tren seperti ini masih relevan jika melihat fungsinya sebagai penghangat badan? 

"Sebenarnya outfit winter items itu juga termasuk sebagai produk unggulan dari Uniqlo sih dari dulu."

"Sampai sekarang pun produk ini masih booming."

Demikian kata PR Uniqlo Indonesia, Yulia Rachmawati kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Penggunaan puffer jacket di Indonesia sebetulnya juga dikenakan sesuai fungsinya.

Sebab, menurut data internal dari Uniqlo, kebanyakan orang memakai puffer jacket saat beraktivitas di ruangan ber-AC yang suhunya dingin.

"Kami melihat kebiasaan pelanggan yang mengakui kalau mereka memakai itu untuk di dalam ruangan."

"Seperti di kantor atau bahkan sengaja membeli untuk kebutuhan traveling ke tempat yang suhunya lebih dingin," lanjut Yulia.

Tak ayal jika koleksi winter tersebut banyak disukai para pencinta fesyen karena tipikal jaketnya juga unik, hadir dalam berbagai warna yang stylish dan model yang beragam.

Sementara itu dalam hal adaptasi puffer, Uniqlo membuat setiap produk yang masuk ke Indonesia juga disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Karena itulah, produk yang ada sengaja dirancang sebagai outwear ala winter collection namun dengan bahan yang ringan, tanpa melupakan fungsionalitasnya.

"Makanya kami desain koleksi musim dingin dengan kerah dan bahan ringan. Sehingga enggak akan terasa gerah banget saat berkegiatan," papar Yulia.

Di samping itu, beberapa rekomendasi bagi pencinta fashion yang ingin bergaya dengan puffer style, kata Yulia, tak cuma bisa diakomodasi dengan penggunaan puffer jacket.

Material yang fungsinya juga sebagai wind-blocker (penahan angin) itu juga dapat disesuaikan dengan cutting-an yang modis.

"Kayak cuttingan-nya juga banyak variasi. Misalnya puffer vest atau rompi yang bisa dipakai untuk motoran kan," ungkap Yulia.

Melihat fungsi dan tipikalnya yang cocok dipadu-padankan dengan berbagai outfit lain, tak mengerankan jika outfit puffer style ini cocok dikenakan di acara formal, santai hingga bergaya street style sekali pun.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/05/054138820/tren-puffer-jacket-cocok-dengan-iklim-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke