Salin Artikel

Perbedaan Bikini Waxing dan Brazilian Waxing

Namun, meskipun memiliki fungsi yang sama, baik bikini waxing dan brazilian waxing ternyata diterapkan dengan cara yang berbeda.

Bagi para pemula yang baru pertama kali ingin mencoba menghilangkan rambut pada area kemaluan, maka memahami perbedaan antara keduanya adalah kunci utama.

Para ahli pun membagikan penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan bikini dan brazilian wax, serta perawatan yang dilakukan setelahnya.

Perbedaan bikini waxing dan brazilian waxing

"Seperti namanya, bikini waxing biasa hanya menghilangkan rambut yang berada di luar garis celana dalam (panty) atau bikini biasa," kata manajer pendidikan di European Wax Center, Gina Patek.

Di sisi lain, brazilian waxing selangkah lebih maju untuk menghilangkan semua rambut dari area pubis depan, serta bagian belakang dan bulu yang tumbuh di antara bokong.

Patek juga mencatat, meskipun brazilian waxing tradisional benar-benar menghilangkan semua rambut, tetapi kita masih bisa memilih desain seperti segitiga, strip, atau persegi yang rapi di bagian depan.

Seberapa sakit melakukan keduanya

Sebenarnya, melakukan bikini waxing maupun brazilian wax bukanlah hal yang mudah, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuatnya terasa sedikit nyaman.

"Tips terbesar saya adalah mencoba dan memperlakukannya sama seperti yang dilakukan pada metode wax biasa lainnya," kata Miranda Boci, seorang ahli estetika di salon Tribeca Tenoverten.

"Semakin banyak saya berbicara dengan klien, semakin sedikit rasa gelisah yang mereka rasakan."

"Ini semua tentang mentalitas. Jika kita mengantisipasi pengalaman negatif atau canggung, itulah yang kemungkinan besar akan kita alami. Sikap adalah kuncinya!" sebut dia.

Boci juga merekomendasikan untuk tetap berpegang teguh dan membangun hubungan baik pada satu spesialis waxing.

Dengan demikian, setelah beberapa kali pertemuan tidak akan terasa canggung atau cemas untuk melakukannya.

Persiapan waxing

"Persiapan terbaik adalah memastikan rambutnya tidak pendek," kata Boci.

"Beberapa klien datang setelah bercukur 2-3 hari yang lalu, sehingga tidak mungkin untuk melakukan waxing di area tersebut," ujar dia.

Aturan praktis yang baik adalah menunggu sampai rambut kira-kira 0,6 centimeter minimal, untuk bisa melakukan bikini waxing atau pun brazilian waxing.

Selain itu, hindari aspirin sehari sebelum waxing karena itu dapat menyebabkan memar berlebih.

Kita juga harus menghindari eksfolian berat yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit.

"Namun, menggunakan scrub yang lembut dan bebas minyak atau residu lainnya selama 24-48 jam sebelum waxing dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati."

"Kondisi ini membuat seluruh proses lebih efektif," saran Hanna Naranjo, seorang ahli estetika di Haven Spa NYC.

Perawatan setelah bikini/brazillian waxing

Setelah melakukan bikini atau brazilian waxing, kita akan merasakan kulit menjadi sedikit memerah dan lembut selama sekitar 24 jam.

Apabila kita mengalami ketidaknyamanan dengan kondisi itu, Naranjo merekomendasikan untuk menempatkan kompres dingin pada area tersebut atau mengoleskan sedikit lidah buaya.

Dia juga memastikan kita untuk menjauhi apa pun yang berhubungan dengan pewarna atau parfum.

Dan jika kulit cenderung sensitif, lakukan tindakan pencegahan ekstra seperti menghindari gym, kolam renang, dan air laut selama sekitar tiga hari. Sebab, gesekan dari pakaian ketat dapat menyebabkan iritasi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/10/054839720/perbedaan-bikini-waxing-dan-brazilian-waxing

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.