Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ibu dan Wanita yang Sudah Menikah Kini Boleh Daftar Miss Universe

Perubahan ini akan diaplikasikan pada penyelenggaraan Miss Universe ke-71 pada 2023 mendatang.

Perubahan keputusan ini diketahui dari memo internal direktur penyelenggara, yang kemudian menyebar ke media.

Aturan ini sengaja diubah agar kontes kecantikan sejagat tersebut lebih inklusif dan terbuka untuk semua wanita, apapun statusnya.

Penyelenggara juga berusaha Miss Universe tetap relevan dan berkembang seiring waktu dan zaman sehingga menghasilkan keputusan tersebut.

"Kita semua percaya bahwa wanita harus memiliki hak pilihan atas hidup mereka dan bahwa keputusan pribadi manusia tidak boleh menjadi penghalang bagi kesuksesan mereka," demikian bunyi memo tersebut.

Sebelumnya, Miss Universe, dan kebanyakan kontes kecantikan lainnya, hanya boleh diikuti oleh wanita berusia antara 18-28 tahun yang belum pernah menikah dan tidak memiliki anak.

Meski aturan pernikahan dan status anak berubah, batasan usia tetap diberlakukan seperti sebelumnya.

Andrea Meza, yang dinobatkan sebagai Miss Universe 2020, mengatakan aturan baru itu sudah sejak lama dipertimbangkan.

"Sejujurnya saya suka ini terjadi," katanya dalam sebuah wawancara eksklusif kepada Insider.

"Sama seperti perubahan masyarakat dan wanita sekarang menduduki posisi kepemimpinan di mana di masa lalu hanya pria yang bisa, sudah saatnya kontes berubah dan terbuka untuk wanita dengan keluarga."

Terkait potensi penolakan atas aturan baru yang lebih inklusif ini, ia menilainya hanya disebabkan oleh segelintir kalangan saja.

"Beberapa orang menentang perubahan ini karena mereka selalu ingin melihat seorang wanita cantik lajang yang tersedia untuk suatu hubungan," ujarnya.

"Mereka selalu ingin melihat seorang wanita yang dari luar terlihat begitu sempurna sehingga dia hampir tidak terjangkau. Yang pertama seksis dan yang terakhir tidak realistis," tandas wanita yang pernah tersandung rumor sudah menikah itu.

Ia berpendapat, status sebagai Miss Universe adalah pekerjaan serius yang bisa menuntut dan melelahkan, tapi bukan berarti ibu dan istri harus didiskualifikasi.

“Sama seperti di industri lainnya, perempuan mampu memiliki posisi kepemimpinan yang menuntut tanpa atau dengan keluarga, tidak berbeda dalam hal ini,” pungkasnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/11/063000820/ibu-dan-wanita-yang-sudah-menikah-kini-boleh-daftar-miss-universe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke