Salin Artikel

8 Skill yang Harus Dikuasai agar Anak Siap Hadapi Tantangan Masa Depan

KOMPAS.com - Memiliki anak yang selalu siap menghadapi tantangan di masa depan mungkin merupakan keinginan setiap orangtua.

Namun, untuk membentuk perilaku anak hingga menjadi anak yang kuat dalam menghadapi tantangan dan persaingan, tentu bukanlah hal mudah. Ada beberapa skill atau kemampuan yang perlu disiapkan untuk mencapainya.

Psikolog anak dan keluarga sekaligus Co-Founder Tiga Generasi Saskhya Aulia Prima membagikan daftar skill yang perlu dilakukan agar anak dapat menjadi pribadi yang kuat dan bisa menghadapi tantangan di zaman yang kini sudah serba cepat.

Mengutip laporan World Economic Forum, Saskhya memaparkan, tantangan yang akan dihadapi si kecil di masa depan, yaitu perubahan kebutuhan dan kondisi dunia yang sangat cepat di mana 85 juta pekerjaan akan tergantikan dengan mesin pada tahun 2025.

Lebih lanjut, 50 persen karyawan di seluruh dunia akan membutuhkan pembaruan skill setiap enam bulan. Lalu, akan muncul 97 juta jenis pekerjaan baru.

Selain itu, 15 persen tenaga kerja dari 35 negara di dunia berisiko tidak mendapatkan pekerjaan pada tahun 2030.

"Jadi banyak sekali risiko di masa depan yang bukan cuma masalah kompetisi, tapi bagaimana kita membentuk anak yang punya kepribadian, punya karakter, dan punya skill yang bisa membantu mereka agar tetap relevan di dunianya," ujar Saskhya dalam webinar Virtual Press Briefing yang digelar oleh Nutrilon Royal pada Selasa (9/8/2022).

Menurut Sashkya, seorang ibu perlu memiliki pola pikir “The Winning Mom” (Mama Pemenang), sosok ibu yang belajar dan menerapkan pendekatan parenting yang berkembang, serta berorientasi masa depan.

"Kita perlu melakukan stimulasi sejak dini terutama mengoptimalkan periode sensitif yaitu usia 0-8 tahun yang disebut dengan The Winning Window dengan memberikan stimulasi yang tepat," lanjutnya.

Stimulasi 8 Winning Skills yang dikembangkan oleh Nutrilon Royal pun menjadi rangkaian stimulasi kemampuan yang disarankan.

Adapun rangkaian skill itu adalah attention (mengarahkan perhatian), focus (menyelesaikan sesuatu yang dimulai), dan memory (kemampuan mengingat).

Selain itu, ada language (kemampuan bahasa), psikomotor (kemampuan yang berhubungan dengan aktivitas fisik), logic (menganalisa), reasoning (memahami dan membangun proses berpikir), dan decision making (pengambilan keputusan).

Lalu untuk mendukung Winning Skills itu, Brand Manager Nutrilon Royal Velan Sormin pun mengatakan bahwa pihaknya menghadirkan beberapa hal, mulai dari produk susu bernutrisi hingga bebrapa fitur baru, seperti Winning Parenting Platform yang dapat diakses melalui situs Nutriclub.

Di dalamnya, orangtua dapat menemukan berbagai informasi yang telah dibvaidasi oleh para ahli serta layanan 24 jam.

Selain itu, ada pula fitur Best in Class Loyalty Program yang akan menemani perjalanan para ibu dalam mempersiapkan si Kecil menjadi Winning Children.

"Kami harap melalui semua inovasi ini, kami bisa menjadi bagian dari perjalanan para moms di Indonesia dalam membesarkan Winning Children, yaitu anak-anak dengan jiwa pemenang yang siap menghadapi masa depan,” tutup Velan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/11/081805520/8-skill-yang-harus-dikuasai-agar-anak-siap-hadapi-tantangan-masa-depan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.