Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nathania Karina, Konduktor Perempuan Bergelar Doktor yang Pimpin Paduan Suara HUT Ke-77 RI

Berkebaya merah, ia tampil energik saat membawakan sejumlah lagu di upacara detik-detik proklamasi yang digelar di Istana Mederka, hari ini.

Ia hadir bersama 199 musisi lain yang tergabung dalam Gita Bahana Nusantara (GBN), grup yang anggotanya berasal dari berbagai daerah di Nusantara.

Kelompok musik ini memang rutin tampil di Istana Merdeka saat upacara detik-detik proklamasi RI dan sidang tahunan MPR.

Namun, baru dalam perayaan HUT ke-77 RI inilah para musisi berbakat Tanah Air ini dipimpin oleh seorang konduktor perempuan.

"Saya bersyukur sekali mendapatkan kesempatan ini. Saya berharap saya bukan perempuan pertama dan terakhir yang menjadi konduktor GBN, tapi harus ada perempuan-perempuan lainnya yang nantinya dapat menjadi konduktor GBN atau di mana saja," ujarnya, seperti dikutipAntara.

Profil Nathania Karina, musisi berbakat bergelar doktor

Nathania Karina adalah nama yang sudah cukup dikenal di dunia musik Indonesia, khususnya orkestra.

Ia berkarier sebagai musisi profesional lebih dari 10 tahun dengan latar belakang pendidikan yang juga tak kalah mengesankan.

Nathania Karina merupakan peraih Doctor of Musical Arts di Music Education Boston University pada 2015.

Ia bahkan memiliki gelar ganda di bidang Pertunjukan Piano dan Pendidikan Musik dari University of Melbourne, Australia.

Ia menjalani pelatihan selama 14 hari, termasuk teknis dan mental, bersama anak-anak muda yang tergabung tahun ini.

Untuk memaksimalkan penampilannya, wanita yang baru saja menikah ini juga melakukan riset singkat dan menonton berbagai penampilan GBN selama ini.

“Selama menjalani pemusatan latihan hingga hari ini, saya merasa tidak ada kendala sama sekali. Saya malah sangat bersemangat setiap mengawali hari latihan dengan mereka," ujarnya.

"Menurut saya, GBN ini versi mini Indonesia, kapan lagi kan bisa kenal anak-anak dari berbagai provinsi dalam satu waktu?” tambahnya.

Tahun ini, GBN yang dipimpin Nathania Karina menyanyikan total 17 lagu saat upacara kemerdekaan RI di Istana Merdeka dan sidang tahunan DPR/MPR.

Salah satu yang cukup istimewa adalah Medley Nusantara berupa aransemen dari berbagai lagu daerah, yakni "Indung-Indung", "Tutu Koda", "Bindhe Biluhuta", "Sang Bumi Ruwa Jurai", "Lir Sa’alir", "O, Ulate", dan "E Mambo Simbo".

Selain itu, Nathania Karina juga berkolaborasi dengan berbagai penyanyi muda Indonesia, seperti Vidi Aldiano, Naura, dan Lyodra.

Kerja kreatifnya selama ini juga terbukti lewat Andante Music School, Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST), Musicmind, dan Music Avenue Entertainment.

Tak hanya menyajikan orkestra megah, ia juga kerap memperkenalkan kekayaan musik Nusantara lewat berbagai penampilannya di festival maupun acara berkelas internasional.


https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/17/113730120/nathania-karina-konduktor-perempuan-bergelar-doktor-yang-pimpin-paduan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke