Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Chattering, Suara Aneh Kucing saat Melihat Mangsa

KOMPAS.com - Para pecinta kucing mungkin sudah akrab dan memahami berbagai jenis suara kucing,

Ya, hewan berbulu ini memang memiliki berbagai bunyi khas yang dapat menggambarkan perasaannya, seperti purring (mendengkur) untuk menandakan kepuasan, mengeong untuk menyapa, dan mendesis, atau melolong untuk menunjukkan rasa takut atau marah.

Tak hanya itu, kucing juga memiliki satu suara unik yang biasa dikeluarkan dari mulut kecilnya saat tertarik akan sesuatu, yaitu chattering.

Chattering, suara aneh kucing

Dilansir dari Daily Paws, chattering merupakan suara unik (seperti mengekek) yang dikeluarkan kucing saat duduk di dekat jendela dan melihat sesuatu.

Misalnya, katak yang melompat di halaman atau gerombolan burung yang sedang bertengger di sekitar bird feeder.

Daily Paws juga mengungkapkan bahwa chattering yang juga biasa disebut sebagai chirping atau twittering ini hampir selalu terjadi ketika seekor kucing terangsang oleh rangsangan visual, seperti burung yang bergerak.

Artinya, saat chattering, insting berburu anabul kita sedang bangkit.

Lalu, terkadang kita juga akan melihat beberapa perubahan fisik saat kucing chattering, seperti mata dan pupil yang melebar serta telinga yang miring ke depan.

Intinya, kucing terlihat sangat berkonsentrasi, dan tubuhnya terlihat menunjukkan hal itu.

Lebih lanjut, konsultan perilaku kucing di San Fransisco Marilyn Krieger mengatakan, meski ada banyak teori tentang apa yang menyebabkan kucing chattering saat berburu, tampaknya itu hanyalah respons naluriah.

"Chattering mungkin disebabkan oleh neurotransmiter, seperti dopamin, serta hormon kortisol/adrenalin yang dilepaskan ke dalam sistem," kata Krieger.

Krieger pun menambahkan bahwa sebenarnya chattering dapat disebabkan oleh hal lain, yaitu frustasi,

"Jika panel kaca memisahkan kucing dari mangsanya, suara chattering kucing di jendela juga bisa menunjukkan rasa frustrasi karena tidak dapat menjangkau mangsanya dengan mudah,” katanya.

Kucing juga bisa chattering meski hanya bermain,

"Saya pernah melihat kucing chattering saat mengejar laser," kata Krieger.

Bagaimana jika kucing chattering saat melihat kita?

Terkadang, suara chattering bisa terdengar ketika kita mengajak kucing bermain dengan mainan berbentuk mangsanya, seperti mainan tikus,

Saat kita memegang mainan itu, kucing bisa saja chattering ke arah kita, seolah-olah kita adalah mangsanya.

Namun tidak perlu khawatir. Kita hanya perlu waspada dan bersiap untuk mundur atau menjatuhkan mainan jika kucing terlihat ingin menerkam kita.

Ingat, meski kucing piaraan kita jinak dan menyayangi kita, naluri liarnya tidak akan seluruhnya hilang. Jadi, tetap;ah berhati-hati saat bermain dengannya.


https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/17/123440120/chattering-suara-aneh-kucing-saat-melihat-mangsa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke