Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Perokok Selalu Minum Kopi di Pagi Hari

Kedua hal tersebut rasanya menjadi kombinasi yang sempurna sebelum memulai aktivitas di pagi hari.

Lantas, apa yang membuat perokok selalu ingin minum kopi di pagi hari?

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh tim dari University of Florida pun menjelaskan alasannya secara ilmiah.

Senyawa kimia dalam kopi

Menurut hasil studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Neuropharmacology, senyawa kimia yang ditemukan dalam biji kopi panggang meringankan efek mengidam nikotin di pagi hari.

Berkat pendekatan berbasis sel, peneliti mampu mengidentifikasi dua senyawa kopi yang tampaknya secara langsung memengaruhi reseptor nikotin tertentu yang sangat sensitif di otak.

Bagi perokok harian, reseptor ini akan menjadi hipersensitif setelah malam panjang yang dihabiskan tanpa nikotin.

Ketika penemuan tersebut belum dipelajari dan diuji pada manusia, seorang profesor farmakologi di UF College of Medicine, Roger L. Papke, PhD, membahas tentang ini.

Riset ini merupakan langkah besar dalam pemahaman tentang bagaimana kafein dan nikotin berkolaborasi untuk memengaruhi reseptor nikotin.

"Banyak orang menyukai kafein di pagi hari, tetapi ada molekul lain dalam kopi yang mungkin menjelaskan mengapa perokok menginginkan kopi," terangnya.

Untuk studi tersebut, tim peneliti juga menggunakan biji kopi panggang yang lebih gelap ke sekelompok sel, yang mengekspresikan reseptor nikotin pada manusia.

Hasilnya, senyawa kimia organik spesifik yang ditemukan dalam kopi dapat membantu memulihkan disfungsi reseptor nikotin yang menyebabkan hasrat nikotin pada perokok biasa.

Papke pun menyebut salah satu senywa kopi, yakni n-MP, dapat membantu menekan keinginan mengidam rokok di pagi hari dengan memulihkan disfungsi reseptor nikotin.

Dia juga tertarik dengan gagasan bahwa sebagian besar perokok harian biasanya menggabungkan tembakau dengan kopi di pagi hari dan tembakau dengan alkohol di malam hari.

Namun, tidak seperti studi sebelumnya tentang efek alkohol, kali ini para peneliti kurang begitu fokus terhadap dampak kopi pada reseptor nikotin.

Jadi, hipotesis mengenai dampak kopi pada penurunan keinginan mengidam rokok di pagi hari masih memerlukan bukti lainnya dari studi lanjutan.

"Banyak orang mencari kopi di pagi hari karena kafeinnya. Tapi apakah kopi melakukan hal lain pada perokok?"

"Kami masih perlu tahu apakah ada hal lain dalam kopi yang memengaruhi reseptor nikotin otak," imbuh Papke.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/21/090000820/alasan-perokok-selalu-minum-kopi-di-pagi-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke