Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Obat Alami untuk Atasi Gatal di Kulit Kepala

Penyebab dari masalah ini pun bisa beraneka ragam, mulai dari ketombe, dermatitis seboroik, gangguan autoimun, eksim, infeksi jamur, dermatitis atopik, hingga kutu kepala.

Bahkan, stres dan gangguan kecemasan pun bisa menyebabkan kulit kepala gatal.

Kendati demikian, gatal di kulit kepala ini bisa diobati dengan beberapa obat tertentu, termasuk beberapa obat gatal alami yang bisa kita temukan di rumah.

Berikut daftar obat gatal alami untuk kulit kepala yang bisa kita coba.

  • Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antijamur, sehingga dapat membantu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh kulit kering.

Encerkan saja cuka apel dengan air hangat lalu gunakan sebagai air pembilas setelah keramas guna mengurangi ketombe dan kulit kepala yang gatal

  • Minyak kelapa organik

Minyak kelapa organik yang langsung diekstraksi dari kelapa matang ini mengandung asam laurat, lemak jenuh yang memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu kulit menyerap minyak kelapa secara efisien.

Minyak kelapa sendiri dapat membantu meredakan kulit kepala gatal yang disebabkan oleh eksim dan kutu rambut.

  • Minyak peppermint

Obat gatal alami untuk kulit kepala berikutnya adalah minyak peppermint yang dapat mengurangi ketombe dan menenangkan kulit kepala, serta meredakan gatal.

Kita bisa mencoba mengencerkannya dengan minyak lain, seperti minyak zaitun, lalu memijatkannya ke kulit kepala sebelum keramas.

Teh peppermint ini juga bisa digunakan untuk membilas rambut setelah keramas.

  • Meditasi

Selain bahan-bahan tertentu, kegiatan yang mengurangi stres seperti meditasi juga cukup efektif untuk menghilangkan gatal di kulit kepala yang disebabkan oleh kecemasan dan eksim.

Bahkan, sebuah studi tentang meditasi dan pengaruhnya terhadap eksim di Emory University menunjukkan bahwa rasa gatal di kulit kepala dapat diredakan karena meditasi dapat memberi rasa kontrol diri dan mekanisme koping.

Meditasi ini juga dapat dipadukan bersama obat kulit kepala gatal lainnya untuk meningkatkan efeknya.

Lalu jika baru mengenal meditasi, kita bisa mengikuti kelas atau mendengarkan kaset, aplikasi, atau podcast meditasi.

  • Tea tree oil

Obat gatal alami untuk kulit kepala yang terakhir adalah tea tree oil, minyak esensial yang memiliki sifat antimikroba, antijamur, antiseptik, serta anti-inflamasi.

Namun perlu diperhatikan, minyak yang dapat membantu menghilangkan gatal akibat ketombe, dermatitis seboroik, dan kutu rambut ini dapat mengiritasi kulit, sehingga harus digunakan dengan hemat atau diencerkan sebelum digunakan.

Untuk menggunakannya, kita bisa mencampurkan 10-20 tetes tea tree oil ke sampo atau minyak zaitun, lalu pijat langsung ke kulit kepala.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/24/060000220/5-obat-alami-untuk-atasi-gatal-di-kulit-kepala-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke