Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Baking Soda?

Bahkan, beberapa dari kita mungkin sempat memanfaatkan baking soda untuk pecobaan di sekolah dulu, tepatnya mencampur baking soda dan cuka.

Intinya, baking soda bisa dikatakan merupakan benda “wajib” di setiap rumah, yang memiliki segudang manfaat.

Namun, apa sebenarnya baking soda?

Nah untuk mengetahui jawabannya, simak paparan yang dilansir di laman Everyday Health, berikut ini.

Baking soda adalah bubuk putih alkali dengan sejarah panjang yang hampir selalu kita temukan di dapur rumah modern.

Produk berbentuk bubuk putih yang dibuat di dapur Dwight tersebut pun disebut soda bikarbonat ala Arm & Hammer Church & Co.

Lalu pada tahun 1860, Arm & Hammer ingin menunjukkan kepada semua orang tentang betapa serbagunanya bahan tersebut.

Untuk itu, mereka mulai mendistribusikan buku masak mini berisi resep roti, kue, kue kering, puding, dan masih banyak lagi.

Beberapa di antaranya adalah resep keluarga mereka sendiri. Mereka juga membuat tulisan yang “melarang” masyarakat untuk tidak membeli baking powder.

Kemudian pada tahun 1920-an, baking soda Arm & Hammer pun diiklankan di berbagai majalah perempuan sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kepopulerannya.

Usaha tersebut nampaknya berhasil. Sebab menurut perusahaan tersebut, orang-orang mulai membeli dan menyimpan sekotak baking soda di lemari es untuk menjaga bahan-bahan makanan di dalamnya tetap segar.

Lalu perlu diketahui, saat digunakan dalam memanggang, baking soda akan bertindak sebagai bahan kimia yang meninggalkan rasa (chemical leavener).

Baking soda juga menghasilkan karbon dioksida sebagai reaksi terhadap asam (seperti cuka), yang menghasilkan gelembung yang membantu kue atau cookies menjadi empuk dan lembut sempurna.

Ada pun baking soda terbuat dari natrium bikarbonat, bahan yang telah eksis sejak masa lalu, tepatnya ketika danau garam di seluruh dunia menguap dan membentuk endapan trona.

Trona merupakan batuan yang diolah menjadi sebuah mineral alami bernama soda ash (natrium karbonat). Soda ash inilah yang kemudian diolah untuk membuat baking soda.

Endapan trona terbesar di dunia saat ini ada di Wyoming, Amerika Serikat. Daerah tersebut menghasilkan 17 juta ton trona pada tahun 2015 untuk diekspor ke seluruh dunia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/25/090000120/apa-itu-baking-soda-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke