Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

JF3 Fashion Festival 2022, Dukung Industri Mode dan Budaya Lokal

KOMPAS.com - Dua tahun berselang pasca pandemi, JF3 Fashion Festival 2022 kembali digelar secara offline.

Bertempat di Summarecon Mall, Kelapa Gading, Jakarta. JF3 yang kini memasuki gelaran ke 18 tahun diselenggarakan pada 1 September sampai 11 September 2022.

Rangkaian acara ini merupakan sebuah upaya demi mendukung industri mode Tanah Air dan pelestarian budaya, hasil kolaborasi sejumlah pihak.

Pihak-pihak tersebut adalah PT Summarecon Agung Tbk, Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

"Dua tahun pandemi banyak sekali yang kami lakukan untuk berbenah dan introspeksi untuk merencanakan apa yang bisa dilakukan untuk berkontribusi pada industri mode dan kuliner."

"Tahun ini diselenggarakan secara offline karena pandemi sudah cukup terkendali. Kami menilai kekuatan bertemu, melihat langsung itu banyak membantu. Kami ingin lebih dikenal secara luas lagi,"

Demikian kata Chairman JF3, Soegianto Nagaria, dalam konferensi persnya, di La Piazza, Summarecon Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (1/9/2022) kemarin.

Dalam penyelenggaraannya di tahun ini, JF3 Fashion Festival 2022 banyak menyuguhkan keragaman budaya Indonesia yang diangkat dalam tema cultural diversity dan sustainability.

Hal itu diwujudkan dengan menghadirkan desainer, brand lokal, dan UMKM berbasis mode yang memiliki visi untuk mengangkat budaya dalam karya mereka, baik di atas runway JF3 maupun dalam pameran fashion village.

"Tahun ini kami mengangkat dua tema penting yaitu sustainability, sebagai ajakan untuk memulai gerakan fashion yang bertanggung jawab secara sosial dan terhadap lingkungan untuk mendukung kelangsungan hidup."

"Tema penting lainnya yang kami hadirkan tahun ini adalah budaya. Kekayaan Indonesia dalam budaya perlu dikenal, digali dan sangat bisa menjual."

"Kami ingin orang lebih banyak tahu mengenai hal ini. Kita punya kebhinekaan, sebagai pilihan yang cukup strategis untuk lebih memperkenalkan dunia mode dan juga kuliner lebih luas," tambah dia.

Rangkaian acara yang berlangsung selama 11 hari ini menyuguhkan berbagai agenda menarik bagi para pencinta mode.

Ada apa saja? Berikut uraian selengkapnya.

  • Fashion festival

Fashion Festival menghadirkan rangkaian fashion show yang menampilkan ragam karya desainer dan brand terkemuka di Indonesia pada tanggal 1-6 September 2022.

Bertempat di JF3 Fashion Tent, La Piazza Summarecon Kelapa Gading, Jakarta.

Ini merupakan sebuah fasilitas yang khusus dibangun untuk menghadirkan runway yang dilengkapi teknologi terkini.

Sehingga, akan dihasilkan pengalaman terbaik baik bagi pelaku presentasi mode maupun penonton.

Dilengkapi dengan tata lampu, runway, dan fasilitas pendukung yang memenuhi standar panggung mode dunia untuk dapat benar-benar mengangkat detail keindahan koleksi yang akan dipresentasikan.

"Dengan adanya fashion tent, desain lighting dan sound dari para profesional dibidangnya, ini merupakan sebuah standar baru dalam presentasi fashion show di Indonesia, berkelas internasional," ujar Soegianto Nagaria.

Rangkaian fashion show dibuka dengan pemberian apresiasi kepada tiga tokoh yang dinilai telah memberikan kontribusi penting terhadap industri mode Tanah Air.

Penerima penghargaan kategori desainer fashion jatuh kepada Sebastian Gunawan, untuk kategori fashion support diberikan pada JIM Model, sebagai pelopor agensi model Tanah Air dan kategori fashion icon diberikan kepada aktris Julie Estelle.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pagelaran bertajuk “Tamra Nusantara”, sebuah presentasi ragam aksesori dan perhiasan yang terinspirasi budaya nusantara, hasil kolaborasi dari The Palace dan Samuel Wattimena.

Dalam enam hari penyelenggaraan fashion festival, parade karya pelaku mode juga akan dilakukan oleh brand dan desainer terkemuka.

Di antaranya adalah Wilsen Willim, Didi Budiardjo, Tities Sapoetra, Danny Satriadi, Ivan Gunawan, dan Mel Ahyar.

Lalu, ada juga kolaborasi 60 brand lokal dari LAKON Store, Danjyo Hiyoji serta beberapa institusi fashion Indonesia seperti Dekranasda Nusa Tenggara Timur, APPMI, IPMI dan Cita Tenun Indonesia.

Sebagai puncak acara, rangkaian fashion show akan ditutup dengan kolaborasi antara Lakon Indonesia dengan seniman; ‘maestro’ batik Indonesia; Cahyo dari Pekalongan, Jawa Tengah, bertajuk ‘Lorong Waktu’, pada tanggal 6 September 2022.

Presentasi Lakon Indonesia selalu menghadirkan sesuatu yang berbeda. Misinya untuk melestarikan budaya lokal dituangkan dalam presentasi yang sangat modern.

Hasil karya tangan-tangan perajin tradisional ditambah dengan keluwesan dan teknik pewarnaan Cahyo yang istimewa akan menghadirkan suatu pentas yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penikmat mode Tanah Air.


  • Fashion Village

Eksibisi UMKM, brand lokal dan pelaku mode berlangsung dalam Fashion Village, bertempat di Summarecon Mall Kelapa Gading 3.

Fashion Village menghadirkan ragam produk lokal bertema budaya yang telah terkurasi, serta wastra nusantara seperti kain batik dan tenun.

Berlangsung pada tanggal 1-11 September 2022, Fashion Village yang diikuti oleh 51 tenant ini juga dilengkapi dengan berbagai instalasi yang memberikan informasi pentingnya fesyen berkelanjutan.

Selain itu, gerakan sustainability ini juga secara aktif akan diikuti dan diterapkan oleh seluruh peserta ekshibisi.

Seluruh rangkaian acara JF3 tetap mengutamakan protokol kesehatan, salah satunya wajib menggunakan masker dan tetap menggunakan aplikasi Peduli Lindungi sebagai syarat utama untuk masuk ke area Summarecon Mall Kelapa Gading.

Regenerasi dan pencarian bakat baru pelaku mode kembali dilakukan melalui kegiatan JF3 Model Search.

Audisi kali ini dilakukan di tiga kota, yaitu Medan, Surabaya dan Jakarta dan berhasil diikuti dengan antusias.

Audiri ini mampu mendapatkan talenta baru yang potensial untuk ikut membangun industri mode Tanah Air di masa depan.

JF3 pada tahun ini juga menghadirkan program baru yaitu Pintu Incubator, sebuah hasil kolaborasi bersama Lakon Indonesia dan Kedutaan Besar Perancis yang terjalin melalui Institut Francais d’Indonesie (IFI).

Hal itu dilakukan untuk mendorong perkembangan brand lokal dalam program inkubasi yang terdiri dari serangkaian kegiatan mentorship yang terintegrasi dengan panggung JF3 2022.

Setelah melalui program mentoring dan kurasi, presentasi koleksi dari tujuh brand hasil kurasi Pintu Incubator akan dilakukan pada 3 September 2022 di runway JF3 Fashion Festival.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/02/085128220/jf3-fashion-festival-2022-dukung-industri-mode-dan-budaya-lokal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke